Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Rabu, 17 April 2013

Yang harus dipirkan setelah lulus Uan ?





Biasanya akan terpikirkan dalam benak para pelajar apa yg akan dilakukan setelah lulus sekolah. Apakah melanjutkan ke bangku kuliah ataukah langsung bekerja, atau bagi yg putri ataukah langsung nikah ;-). Hal-hal tersebut memang penting untuk dipikirkan, untuk kelangsungan masa depannya. Namun tulisan sederhana ini tidak mengambil porsi untuk membahas hal-hal tersebut. Namun menyoroti  pada sisi lain dari sudut kehidupan ini.


Apa yang terpikir dalam benak kita ketika mendengar kata “ jepang “ ? ketika mendengar kata “ jepang “ maka yg terpikir dalam benak kita biasanya akan terpikr negaranya maju, saintek yg pesat, produk elektronik yg menguasai pasar, orangnya cerdas, orang-orangnya pinter dll. Tapi tahukah kita bahwa beberapa laporan menyebutkan bahwa negara jepang adalah pemilik rekor no 1 angka bunuh diri terbanyak di dunia ? lho kok ?
Belum lekang dalam ingatan kita ada anak Sekolah dasar yg bunuh diri hanya karena tidak bisa membayar biaya study tour wisata ,atau berita bunuh diri yg serupa.
Sekali lagi, selain berpikir tentang masa depan kita setelah lulus ujian akhir nasional,maka ada hal yg juga harus dipikirkan, apa itu ?

Saya, anda,dan kita semua adalah manusia yg menghuni planet bumi ini. Kita manusia melalui proses penciptaan kehidupan dari pertemuan ovum dan sperma dalam rahim, memulai kehidupan sampai akhirnya terlahir di dunia. Bersama makhluk hidup lainya ( hewan, tumbuhan ) kita manusia bagian dari ekosistem planet bumi ini, dan bumi ini adalah salah satu planet diantara ratusan planet lainya yg merupakan bagian dari alam semesta ini. Satu fakta yg sering kita temui adalah bahwa tetangga kita atau saudara kita, atau bahkan orang yg tidak kita kenal meninggalkan dunia ini. Coba sering jalan ke rumah sakit,akan banyak kita temui berita kematian.

Dari pemaparan sedikit ilustrasi di atas maka adalah suatu hal yg sangat fundamental untuk  berpikir menjawab 3 hal :
  1. dari mana asal alam semesta, manusia,dan kehidupan ini ? dengan kata lain apakah pencipta itu ada atau tidak ?
  2. untuk tujuan apa manusia diciptakan ?
  3. kemana manusia setelah mati ?
sekali lagi, selain memikirkan apa yg harus kita lakukan setelah lulus ujian, penting untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mendasar tersebut. Jika anda  abai untuk memikirkan pertanyaan hal- hal di atas saya khawatir maka anda akan mengalami nasib seperti orang  jepang dan anak SD yg bunuh diri tersebut, anda pinter  namun tidak mempuyai prinsip pandangan  yg kokoh dan benar tentang hakikat kehidupan yg sedang dijalani di dunia ini.

Tulisan ini hanya sekadar pengantar untuk membangkitkan para pembaca untuk memulai memikirkan hal mendasar tersebut. Selamat berpikir ;-)

Wonosobo, ba’da isya,19-02-2012

Tidak ada komentar: