Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Senin, 12 November 2012

Gempita Konferensi Rajab di Yogyakarta

Yogyakarta, sekitar 10.000 kyai, ustadz, mubalighah, kaum intelektual, pengusaha yang datang dari berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta memadati Jogja Expo Centre (JEC) untuk mengikuti konferensi.

Mereka pun menggelorakan seruan wajibnya menegakkan syariah dan khilafah. Istimewanya konferensi di DIY ini menghadirkan ulama ternama dari Jepang yakni Prof Hasan Ko Nakata. Dalam orasinya yang disampaikan dalam bahasa Arab, ia memberikan semangat kepada warga DIY untuk terus berdakwah menyadarkan kaum Muslim agar terikat dengan hukum Islam dan berjuang bersama Hizbut Tahrir menegakkan khilafah.

“Dari Yogyakarta, terus merambat ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan dunia!” pekiknya. Dalam kesempatan itu, hadir pula Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia Muhammad Ismail Yusanto membacakan Seruan Hangat dari Hizbut Tahrir untuk Kaum Muslim DIY dan Jawa Tengah.

musim dingin ini mengingatkanku sosok Hudzaifah ibnu al-Yamani

bulan ini mulai memasuki musim kemarau, kemarin aku liat berita menurut BMKG sudah memasuki musim ini, hal ini ditandai dengan rasa dingin yg cukup menusuk. musim yg cukup dingin ini membuat wonosobo yg sudah tabiatnya memang dingin semakin bertambah dingin, purworejo yg biasanya panas dan menggerahkan sekarang berubah menjadi dingin yg kering.
musim seperti ini bisa jadi buat sebagian orang menjadi males keluar rumah.
ngomong-ngomong musim dingin aku jadi teringat seseorang sahabat nabi yg bernama Hudzaifah ibnu al-yamani. mungkin kita bertanya-tanya apa hubungaya dingin dengan sosok hudzaifah al-yamani. silahkan buka kitab-kitab sirrah akan kita lihat bagaimana ketangguhan Hudzaifah r.a. yg melaksanakan tugas yg diamanahkan oleh rasulullah ketika perang Khandak. saat itu suasana malam ketika akan perang suasana sangat mencekam, Ketika itu malam gelap gelita dan menakutkan, sementara angin topan dan badai meraung dan menderu-deru, seolah-olah hendak mencabut dan menggulingkan gunung-gunung sahara yang berdiri tegak di tempatnya. Suasana di kala itu mencekam hingga menimbulkan kebimbangan dan kegelisahan, mengundang kekecewaan dan kecemasan, sementara kelaparan telah mencapai saat-saat yang gawat dikalangan sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ya malam itu suasananya sangat dingin bahkan mungkin lebih dingin dari apa yg aku rasakan hari ini.
dalam suasana yg mencekam,Rasulullah menawarkan pada para sahabat siapa yg berani berjalan ditengah kemah pasukan perang kaum kafir quraisyi. tidak ada satupun sahabat yg berdiri menyambut seruan rasulullah ini, hingga akhirnya berdirilah sosok manusia yg bernama Hudzaifah r.a. untuk menyambut seruan rasulullah ini.
Siapakah ketika itu yang memiliki kekuatan apa pun kekuatan itu yang berani berjalan ke tengah-tengah perkemahan musuh di tengah-tengah bahaya besar yang sedang mengancam, menghantui dan memburunya, untuk secara diam-diam menyelinap ke dalam, yakni untuk menyelidiki dan mengetahui keadaan mereka? Maka, Rasulullah memilih di antara para sahabatnya orang yang akan melaksanakan tugas yang amat sulit ini. Tahukah anda, siapakah kiranya pahlawan yang  itu? Itulah dia, Hudzaifah ibnu Yaman!

Abu Sufyan yakni panglima besar Quraisy, takut kalau-kalau kegelapan malamitu dimanfaatkan oleh mata-mata Kaum Muslimin untuk menyusup masuk ke perkemahan mereka. Maka ia pun berdiri untuk memperingatkan anak buahnya. Seruan yang di ucapkan dengan keras kedengaran oleh Hudzaifah dan bunyinya seperti berikut, “Hai segenap golongan Quraisy, hendaklah masing-masing kalian memperhatikan kawan duduknya dan memgamg tangan serta mengetahui siapa namanya!”

Kata Hudzaifah, “Maka segeralah saya menjambat tangan laki-laki yang duduk di dekatku, kataku kepadanya, ‘Siapa kamu ini?’ ujarnya, ‘Si Anu anak Si Anu.’” Demikianlah, Hudzaifah mengamankan kehadirannya di kalangan tentera musuh itu hingga selamat.

Abu Sufyan mengulangi lagi serua kepada tenteranya, katanya, “Hai orang-orang Quraisy, kekuatan kalian sudah tidak utuh lagi. Kuda-kuda kita telah binasa, demikian juga halnya unta. Bani Quraidah telah mengkhinati kita hingga kita mengalami akibat yang tidak kita inginkan. Dan sebagaimana kalian saksikan sendiri, kita telah mengalami bencana angin badai: periuk-periuk berpelantingan; api menjadi padam dan kemah-kemah berantakan. Maka berangkatlah kalian, saya pun akan berangkat!”

Lalu ia naik ke punggung untanya dan mulai berangkat, diikuti dari belakang oleh tenteranya. Kata Hudzaifah, “Kalaulah tidak pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada saya agar saya tidak mengambil sesuatu tindakan sebelum menemuinya terlebih dahulu, tentulah saya bunuh Abu Sufyan itu dengan anak panah.”

Hudzaifah kembali kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan keadaan musuh, serta menyampaikan berita gembira itu.

inilah kisah heroik Hudzaifah ibnu al-yamani, seorang teladan yg patut dicontoh
terakhir, untuk kawan-kawanku pejuang syari'ah dan khilafah yg saat ini sedang mempersiapkan konferensi rajab, ayo jadi sosok Hudzaifah masa kini. Semoga Allah memberikan ke-konsistenan dalam perjuangan ini.ALLAHU AKBAR !!
IBS,Wonosobo yg dingin 15 juni 2011,pk.01.00

CATATAN SEORANG pemuda MUSLIM...

tadi siang habis mengobrol dengan seorang kawan mahasiswa dari sebuah kampus perguruan tinggi, membicarakan sesuatu yg serius namun dengan gaya bahasa santai.

ceritanya kawanku ini sedang menghadapi masalah cukup pelik ( semoa kawanku ini melihat tulisan ini ), kawanku ini sedang kesulitan tuk mengikuti kajian rutin, bahasa keren_nya halaqoh. dari dituduh ikut aliran ini itu..?, diancam..,dicurigai dsb..

aku jadi mengingat perjalananku dulu...,kok hampr sama ya?

klo melihat masalah yg diceritakan kawanku tadi itu, aku jadi teringat kisah seorang sahabat yg bernama mush'ab bin umair,pemuda asabiquna awallun yg masuk islam ketika berumur 24 tahun, yg ketika masuk islam dia kemudian dipaksa keluar dari islam oleh ibunya. tapi karena keteguhan pada keimanan ia menolak paksaan ib dan kaumnya yg menyuruh untuk kembali ke agama paganisme, akibatnya mush'ab dikat dengan tali kemudian dikurung dalam ruangan yg pengap..,

aku juga teringat dengan kisah seorang sahabat yg bernama Zubair bin awwam, seorang pemuda yg masuk islam ketka berumur sekitar 9 tahun. ketika dia masuk islam pemuda ini mendapat cobaan yg jika aku bayangkan membuat aku merinding.., apa cobaan itu ?  dia dipaksa oleh pamanya untuk keluar dari islam, namun karena tauhid yg tertanam begit kokoh dalam jiwa,maka zubair menolak seruan batil pamanya tersebut, akhirnya zubair digulung dengan memkai tikar,kemudian dipanggang diatas tungku api...

namun dibalik cobaan yg begitu berat ini kedua pemuda muslim tersebut, mereka teguh dengan keimanan akan kebenaran islam, biarpun cobaan yg dihadapi begitu mengerikan bahkan sampe mengancam nyawa namun mereka batu karang yg begitu kokoh memegang bara api kebenaran.

kelak mush'ab inilah yg menjadi duta islam pertama yg mendakwahkan islam di madinah, di tangan dakwah islam mush'ab inilah  madinah menjadi titik tolak berdirinya daulah islam.

dan kelak pemuda yg bernama zubair ini menjadi salah satu panglima perang kaum muslimin yg begitu tangguh, ia menjadi salah seorang komandan dalam perang uhud, salah satu jenderal dalam perang yarmuk,dll...

ya allah..,jadikanlah hambamu ini dan para pemuda muslim lainya menjadi seperti mush'ab-mush'ab ataupun zubair-zubair masa kini..untuk berjuang mengembalikan kehidupan Islam..,amin

seren,purworejo,08/12/2010

penjajah itu datang..


sore ini abis nonton TV-one di tenpat aku kerja, sepertinya sedang rame2nya membhas tentang kedatangan obama.., mulai dari liputanya diwaktu kecil di menteng sampe dia menjadi presiden USA. dalam acara di TV one tersebut kuliat banyak pejabat negeri iini yg begiru banyak berdatangan dalam acara jamuan makan malam menyambut obama di istana merdeka, dan kabarnya besok obama akan berkunjung ke masjid is-tiqlal jakarta..,

diluar basa-basi kunjungan obama di indonesia, obama ini adl pemimpin negara USA. USA dibawah kepemimpinya telah melakukan penjajahan dinegeri2 kaum muslimn, pembantaian umat islam di irak, afganistan,dan palestine adalah sedilit dari sekian banyak prestasi penjajahan yg dilakukan USA dibawah kepemimpinan obama, dan tampaknya prestasi lain dari obama adalah dpt berkunjung ke indonesia, dan ini tentu adalah prestasi dari agen penguasa negeri ini dalam menjamu pemjajah,

penjajah itu datang..,wahai umat islam lakukanlah perlawanan..!!!


wonosobo, 09/11/'10

Naskah Sumpah Mahasiswa Kongres Mahasiswa Islam Indonesia, 18 Oktober 2009

Sejak kemerdekaan hingga lebih dari enam dekade, sekulerisme mengatur Indonesia, terlepas dari siapa pun yang berkuasa. Hal yang sama juga terjadi di negeri-negeri muslim lainnya. Sistem sekuler telah menyebabkan rakyat terus menerus hidup dalam berbagai krisis yang tidak berkesudahan.

Sampai saat ini fakta kemiskinan, kebodohan, kedzaliman, ketidakadilan, disintegrasi dan berbagai problem lain, termasuk penjajahan dalam segala bentuknya, senantiasa mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dan negeri-negeri muslim lainnya.

Sistem sekuler telah mengakibatkan potensi sumberdaya alam dan kekayaan mineral yang sangat melimpah tidak mampu membuat rakyat hidup dalam kebaikan. Justru sebaliknya, rakyat hidup dalam penderitaan. Semua potensi dan kekayaan alam yang dimiliki seolah tidak memberikan arti apa-apa buat hidup rakyat.

Oleh karena itu, setelah kami melihat, mencermati dan menganalisa fakta kerusakan yang ada serta merumuskan kondisi ideal, maka demi Allah, Zat yang jiwa kami berada dalam genggaman-Nya, kami mahasiswa Indonesia bersumpah :
  1. Dengan sepenuh jiwa, kami yakin bahwa sistem sekuler, baik berbentuk kapitalis-demokrasi maupun sosialis-komunis adalah menjadi sumber penderitaan rakyat dan sangat membahayakan eksistensi Indonesia dan negeri-negeri muslim lainnya.
  2. Dengan sepenuh jiwa, kami yakin bahwa kedaulatan sepenuhnya harus dikembalikan kepada Allah SWT – Sang Pencipta alam semesta, manusia dan kehidupan - untuk menentukan masa depan Indonesia dan negeri-negeri muslim lainnya.
  3. Dengan sepenuh jiwa, kami akan terus berjuang tanpa lelah untuk tegaknya syari’ah Islam dalam naungan Negara Khilafah Islamiyah sebagai solusi tuntas problematika masyarakat Indonesia dan negeri-negeri muslim lainnya.
  4. Dengan sepenuh jiwa, kami menyatakan kepada semua pihak bahwa perjuangan yang kami lakukan adalah dengan seruan dan tantangan intelektual tanpa kekerasan.
  5. Dengan sepenuh jiwa, kami menyatakan bahwa perjuangan yang kami lakukan bukanlah sebatas tuntutan sejarah tetapi adalah konsekuensi iman yang mendalam kepada Allah SWT.

CERITA KAMBING

jika pernah liat acara Tv animal world.., ada satu hal menarik untuk diamati, kususnya ketika diperlihatkan ketika predator akan memangsa mangsaanya. ketika menonton acara tersebut, pernah ditayangkan ketika seekor harimau akan memangsa kawanan kambing, namun apa yg terjadi..? sungguh kawanan kambing ini dengan gerakanya yg sinergis membuat kesulitan ketika harimau akan memangsa kawanan kambing, harimau tampak kebingungan dengan gerakan sinergis yg dapat memecah konsentrasi perhatian sang harimau, yg jelas harimau ini tampak kesulitan ketika akan menangkap kambing dalam bentuk kawanan atau gerombolan.
pada tayangan lain justru sebaliknya, ada seekor kambing yg memisahkan diri dari kawananya, dan secara tak sadar harimau tengah mengintai tuk memangsanya, apa yg terjadi ? dengan sangat mudah sang harimau menagkapnya, walaupun kambing berusaha lari,namun kecepatan kambing tak seberapa dibanding kecepatan lari harimau, ditambah lagi kambing itu memisahkan diri dari kawananya, sehingga harimau dapat dengan mudah, dengan konsentrasi fokus pada satu kambing. matilah sang kambing. ( tuk lebih jelasnya silahkan nonton sendiri, VCD nya banyak klo mau nyari di toko kaset di pasar ).
diatas adl cerita tentang kambing..,jika melihat tentang cerita kambing ini, ada sebuah ungkapan yg menarik dan patut diambil pelajaran. ungkapan itu : " kambing sendirian, akan lebih mudah dimangsa, dibandingkan jika kambing itu bersama kawananya dalam satu kesatuan ". apa maksudnya ?
aku dulu pas di kampus punya beberapa temen yg begitu aktif di organisasi pergerakan, ada seorang teman yg jika aku amati sangat bersemangat mengajak temen2 lainya tuk ikut dalam pergerakan tersebut, kajian dimana-mana, menasihati temen2 temenya ( pokoknya aktiv banget dah ! ).
aku juga tau klo dia aktiv dalam sebuah Liqoat. hari demi hari berlalu.., singkat cerita ada perbedaan 180 derajad dari yg dulu sosoknya begitu spesial kini menjadi sosok yg tak jelas, tanpa arah, dan tak berorientasi. setelah selidik punya selidik ada fenomena bahwa dia, menurut informasi temen2nya se Liqoat diai dah jarang, bahkan tak pernah lagi berangkat liqoat.
jika dikaitkan denagn cerita kambing, ungkapan tentang kambing, dan cerita tentang pengalaman yg dialami temenku ini, aku jadi teringat taujih dari musyrifku tentang gejala menyingkir dari medan dakwah yg dapat dengan mudah dideteksi dari persentase kehadiran ke liqoat. musyrifku ini berkata : " jika seseorang aktif dlm liqo' kemudian kok gak pernah datang, pasti dia sedang ada masalah !" klo dipikir-pikir benar juga kata musyrifku ini, dalam aktivitas liqo' kan ada mutaba'ah/ evaluasi kegiatan kita mingguan, hafalan rutin, taklif pergerakan, tugas-tugas..dsb..,
semoga cerita kambing ini dapat dipahami bagi mereka yg dapat memahami...
intinya cuma mau pesen : " apapun makananya, minumnya teh cap liqo'",apapun kondisinya tetep semangat liqo! allohu akbar !!!

( wonosobo,maghrib,29/07/2010 0

misteri hantu pocong di IBS


hii.... agak aneh memang, katanya pernah ada koass yg ngliat pocong di IBS, tepatnya di ruang recovery room. ruangan ini klo dilia-liat tidak seram-seram amat, cuma klo sendirian emang bisa bikin merinding. apalagi klo lampunya dimatiin. katanya ada yg pernah ngliat ini-itu. memang kebenaran cerita itu masih jadi gosip, entah benar ato tidak, tapi yg jelas bikin takut orang yg denger cerita ini..,
ruang recovery room jadi tempat transit pemantauan kondisi pasien pasca operasi. ruangan ini cukup luas, dan nyaman tuk tiduran karena ada beberapa bed tempat tidur, dan yg pasti tempat favorit bagi temen2 yg rajin hot-spottan.
aku klo pas shift malem sering tiduran di tempat itu, sendirian lagi, toh gak ada apa-apa..,
yah yg namanya misteri entah akan terungkap atau tidak gak tau deh..., tapi kayae hanya orang-orang spesial saja yg berani secara jantan sendirian disitu. (^_^)
                                                                                      ini ni ruangan recovery room IBS...

my inspiration.....

Imam Ahmad bin Hambal pernah ditanya, “Wahai imam, kapankah seorang Mukmin boleh beristirahat?” Dengan tenang beliau menjawab, “Ketika kakinya menginjak Surga!”

MY INSPIRATIon...

dosa terbesar adalah ketakutan

rekreasi terbaik adalah bekerja

kesulitan terberat adalah keputusasaan

keberanian terhebat adalah kesabaran

guru terbaik adalah pengalaman

rahasia yg paling berarti adalah kematian

kehormatan terbesar adalah kepercayaan

keuntungan terbaik adalah anak yg shaleh

pemberian yg terbaik adalah partisipasi

modal terbesar adalah percaya diri

(Ali bin Abi Thalib ra)

bahasa planet..,

asalamu'alaikum ya akhi ? wa'alaikum salam akhi.., kaifa haluk ya akhi ? khair, antum ?
ya begitulah kira-kira sepenggal kutipan bahasa planet. dan tentu masih banyak yg lainya. berdasar pengalamanku bahasa seperti ini akan mudah di jumpai di kampus-kampus, terutama kampus-kampus besar. contoh kosa kata bahasa planet lainya misalnya : akhi, ukhti, ikhwan,akhwat, syukron, jazakumullah., antum, anti,ana,..dsb..
fenomena apakah ini ? menurut penilaian aku pribadi, ini adalah gejala dakwah yg semakin menggurita. semakin banyak orang memakai bahasa planet ini maka perubahan menuju masyarakat islam semakin besar. karena biasanya mereka yg menggunakan kosa kata bahasa planet ini mereka aktiv, ato setidaknya pernah mengikuti kegiatan orang planet ; Liqo'/halqah.
dulu aku pribadi saat berkenalan dengn bahasa planet ini, sempet bingung, ni orang ngomong apa gitu..?
ya walaupun ketika kita berinteraksi dengan masyarakat, tidak perlu menggunakan bahasa planet ini, cukup dengan bahasa masyarakat yg mudah di pahami.
namun bahasa planet bukanlah ukuran standart spesial ke_shalihan seseorang. jika ingin menjadi orang yg spesial baca deh catatanku tentang " PRIBADI SPESIAL ".

( wonosobo,27/07/'10)

PRIBADI SPESIAL...

pribadi spesial ? seperti apakah itu ? bagaimana mewujudkanya ?
jika diibaratkan sebuah wajah, pribadi spesial adalah ibarat tahi lalat yg terlihat menonjol dan terlihat mencolok . pribadi spesial tidak ditentukan oleh panjangnya jenggot, cingkrangnya celana, dan lebarnya jubah, mancungnya hidung, ataupun putihnya kulit. hal-hal tersebut hanyalah penampakan luar yg dapat direkayasa oleh siapapun..., lalu seperti apakah pribadi spesial itu ?
taukah kita dengan sesosok manusia spesial yg bernama bilal bin rabbah ? sesosok manusia dari afrika, berkulit hitam legam, seorang budak rendahan yg dimiliki tuannya. ketika itu pribadi spesial ini dadanya ditidih batu besar, diseret dalam membaranya panas gurun yg menyengat, dicambuk ditengah teriknya mentari. ditengah siksaab yg bergitu dahsyat, sosok spesial ini dengan tergar mengucapkan kata yg spesial yg abadi dalam sejarah peradaban manusia : " ahad..ahad..ahad.."
taukah kita dengan sesosok manusia yg bernama mush'ab bin umair?, pemuda paling tampan,paling kaya, paling kece',pokoknya paling wah..., ia menjadi bahan gosipan setiap gadis..,. namun ketika ia beriman pada dien islam, dia didemo oleh ibunya dengan ancaman mogok makan. sosok spesial yg kelak menjadi duta islam pertama ini dengan pedenya menjawab : " wahai ibu, andaikan engkau punya seratus nyawa, dan hilang satu-persatu, niscaya aku tak akan pernah berpaling sedikitpun dari kebenaran islam.
taukah kita dengan sesosok istri spesial yg bernama khadijah binti khuwailid ? ketika sang suami dilanda gundah gulana karena beban tugas beratnya tuk menyampaikan risalah islam, sang istri spesial ini denagn begitu anggun sambil menyelimuti suaminya memberikan motivasi spesial tuk sang suami: wahai utusan alloh, sampaikanlah apa yg alloh amanahkan kepadamu, niscaya akulah orang pertama yg akan membenarkanmu "
taukah kita dengan pemuda spesial yg bernama ali bin abi thalib ? ketika diseru pada kebenaran islam, sempat dia mempertimbangkan tuk minta ijin ayahnya, namun setelah itu ia mengurungkan niatnya tuk minta ijin, sambil mengucapkan kata-kata spesial : " alloh saja menciptakanku tanpa seijin bapak ku, lalu mengapa aku harus minta ijin tuk memeluk islam ?"
taukah kita dengan, sesosok manusia paling spesial yg pernah terlahir di dunia ini,muhammad SAW ? ketika ancaman datng bertubi-tubi, bujuk rayu datangsilih datang berganti. menghadapi itu semua, pribadi super spesial ini menyampaikan untaian kata spesial : " andaikan rembulan diletakkan ditangan kiriku, dan mentari diletakkan ditangan kananku, sekali-kali aku tak akan berhenti dari dakwah ini, atau aku hancur karenanya "
begitulah beberapa teladan pribadi spesial. lalu pertanyaanya bagaimana mewujudkan pribadi spesial seperti sosok-sosok spesial di atas ? mereka muncul sebagai pribadi spesial bukan tanpa sebab, mereka ada karena pembinaan yg spesial pula. mereka membina diri dengan pembinaan yg berkelanjutan, mereka secara sengaja membentuk pribadi mereka tuk menjadi spesial. mereka membina diri dengan pemikiran dan pola jiwa,serta akhlak yg spesial. ISLAM sumber inspirasi mereka, ISLAm lah sumber referensi mereka, islamlah sumber pembentukan jiwa mereka. jadi pribadi spesial itu adalah pribadi yg ber_syakhsiyyah islam.
bukankah kita sudah menjadi pribadi yg spesial kawan ?

( wonosobo, 26/07?2010 )

Aku pernah menjadi seorang mahasiswa...

ketika praktik kuliah kesehatan masyarakat di sebuah desa.
Pagi itu setelah sholat subuh, aq berkumpul dgn beberapa pemuda desa. Mereka masih muda, seumuran anak SMA/SMP. Stelah mbaca beberapa ayat Qur'an secara bergantian, aq mulai pembicaraan. Aq mengajak mereka memperhatikan ttg sebuah negeri yg bernama palestina, aq menceritakan kpd mereka ttg bagaimana kondisi para pemuda palestina dlm melakukan perjuangan dlm membebaskan negerinya dr penjajahan zionis-israel, USA,dan sekutunya.
Ketika aq membuka sesi tanya jawab, aq sungguh terkejut. Pertanyaan2 mereka sungguh menunjukkan kepedulian yg mendalam thdp kondisi umat. Mereka berbicara dan menyakan ttg : intifadhah,yahudi, freemasonry, protokolat zionis, iluminasi, tata dunia baru, konspirasi asing dsb.
Sungguh, di tengah arus jahiliah moderen yg menggempur para pemuda kita, ternyata masih terdapat para pemuda mutiara umat yg selalu respect terhadap permasalahan umat.
Pukul 07.00. aq kembali ke kost. Dalam perjalanan aq berpikir ; andaikan para pemuda muslim saat ini tau akan makna kehidupanya dan tidak terjebak dlm dlm arus, tentu ia akan menjadi seorang pemuda yg tangguh, seperti sosok para syabab ( pemuda) binaan rasulullah.

" kenangan praktik komunitas di penginapan masjid"

aku pernah menjadi mahasiswa ( chapter 2 )

ketika itu aku sedang praktik di rsud wates. setelah pulang dari rsud, aku bersama dengan seorang teman makan bareng di sebuah warung mie ayam. tempat warung itu agak jauh dari tempat kost kami. lagi enak2nya menyantap mie ayam ( udah laper ni ) eh ternyata hujan turun sangat lebat, mau tidak mau kami terpaksa tertahan di warung mi tsb.
ada obrolan yg cukup menarik aku dengan temanku tsb. ketika sedang makan tiba2 aku ditanya oleh temanku tadi : " pris, kamu dah punya pacar ? " aku kaget dengan pertanyaan itu. aku tidak langsung menjawab, aku terdiam dan berpikir agak lama ( menyiapkan jawaban yg oke ).
aku balik bertanya : " kamu sudah belum " ? ( tuk mengulur waktu, mencari jawaban yg pas ).
setelah berpikir agak lama, aku membuka tas ku mengambil sebuah buku berukuran mini, al-qur'an. aku membuka kitab al-qur'an, surat an-nuur ayat 30 ( temanku keheranan melihat tingkahku ).
setelah mencari - cari agak lama, aku menyodorkan alqur'an tersebut pada temanku tadi untuk dibaca, sambil bingung dan keheranan temanku tsb mau membaca. isinya adl :
“Katakanlah kepada orang-orang mu’min laki-laki: hendaklah mereka itu menundukkan sebagian pandangannya dan menjaga kemaluannya; karena yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah maha meneliti terhadap apa-apa yang kamu kerjakan.(An Nur 30) "

setelah membaca; temanku tsb terlihat manggut-manggut ( aku tak tahu maksudnya apa ). setelah hujan reda kami kembali ke kost. semoga pertanyaan yg diajukan temanku dapat terjawab dengan tepat.

yang pertama..........

Yang pertama kali masuk Islam dari golongan wanita dan laki-laki adalah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid,Yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak adalah Ali bin Abi Thalib,Orang yang pertama kali mengeraskan bacaan al-Qur’an di kota Makkah adalah Abdullah bin Mas’ud,Wanita yang pertama gugur menjadi syahidah dalam Islam adalah Sumayyah bin Khubbath (Ibu Ammar bin Yasir),Khatib yang pertama kali menyerukan agama Allah adalah Abu Bakar as-Shiddiq,Pedang yang pertama kali dihunus dalam Islam, adalah pedang Zubair bin Awwam,Rumah yang pertama kali digunakan untuk mengemban dakwah Islam adalah rumah Arqam bin Abi al-Arqam,Orang yang pertama kali berhijrah ke Habsyah; dialah Utsman bin Affan bersama isterinya Ruqayyah,Duta pertama dalam Islam, adalah Mush’ab bin Umair,Yang pertama kali menjadikan rumahnya sebagai masjid yang digunakan untuk shalat adalah Ammar bin Yasir,Orang Anshar yang pertama kali masuk Islam adalah As’ad bin Zurarah.
AKU ADALAH ANAK PERTAMA UNTUK 2 ORANG ADIK ( he2x...)

diskusi dengan seorang kawan

uatu malam di kost, ketika kuliah kesehatan di komunitas. aku berkumpul dengan kawan2ku se angkatan. ada tema menarik yg di bahas. ketika sedang enak2nya menjelang rehat malam, tiba2 ada seorang kawan bertanya : " pris aku arep takok "? aku jawab : " takok opo " ? temanku itu bertanya : " nek menurut kowe barapa persen, persentase kehidupan tuk dunia, dan berapa persen tuk akhirat "? spontan aku jawab : "100% untuk akhirat " !!. aku langsung balik tanya ke temenku tadi, " nek menurutmu berapa persen " ? dia jawab : " ya... nek aku dunia 50%-50 %". aku pertajam pertanyaanku ke dia : " menurutmu berapa persen jika ada seorang muslim yg ia sholat tak pernah bolong, tapi minum minuman keras, berzina, koruptor " ? dia diam.
aku melanjutkan : " bagi seorang muslim, kehidupan hakiki adl di akhirat kelak, dunia ini adl ladang amal yg akan mengantarkan ke akhirat kelak. jika amalnya di ridhai alloh swt, sang pencipta manusia, insya aloh surga balasanya. jk amal yg tidak di ridhai maka di ancam neraka sbg balasanya. jadi kita shalat, bekerja ( cara yg halal ), menikmati hiburan ( tdk melanggar syari'e ), mempunyai istri, di niatkan tuk mencapai ridha alloh swt. jadi benar kan jika akhirat 100% ???

kondisi pemuda sekarang

sore itu setelah sholat maghrib di mushola dekat kost, hujan yg turun begitu deras menahanku untuk duduk di masjid. aku tidak sendirian, aku duduk bersama dengan seorang bapak. setelah berkenalan, ada satu pernyataan dari sang bapak yg membuat aku tercengang. sang bapak mengatakan : " mas, melihat pemuda seperti njenengan itu bikin ayem ( tenang ). sambil mengernyitkan dahi aku bertanya pada sang bapak : " maksud bikin ayem niku pripun pak ?". sang bapak menjelaskan : " njenengan itu berbeda dengan kebanyakan pemuda lainya , sebab kebanyakan pemuda sekarang itu neko-neko mas, gaya-gayaan, gak jelas arah tujuan hidupnya, terpedaya dengan kehidupan dunia " . kini aku tahu maksud sang bapak, ternyata beliau sedang mengindera realitas kondisi pemuda masa kini. waktu itu aku memberi komentar : " mereka terjebak hedonisme ".
sampai di rumah aku masih memikirakan perbincanganku dengan sang bapak tadi. aku berpendapat pemuda sekarang ( khususnya pemuda muslim ) mereka tak memahami akan tujuan penciptaan dirinya, selain itu mereka terjebak dalam sebuah sistem bati; kapitalisme-sekular. WAHAI MUDA/MUDI MUSLIM APAKAH ENGKAU TAHU AKAN TUJUAN PENCIPTAAN DIRIMU ?

perjalananku.... ( chapter 1 )

aku tidak begitu ingat masa kecilku, ada banyak yg hilang dalam file ingatanku. yg jelas banyak main tentu, seperti kebanyakan anak2 kecil lainya. kata ibuku, sejak kecil aku adl anak yg mudah sakit-sakitan, bolak-balik masuk rumah sakit, bikin sedih orang tua ( ah..tidak ingat aku akan masa itu ). aku mulai teringat sedikit banyak kehidupanku sejak mulai menginjak kelas 1 SD. di sekolah dasar aku termasuk anak yg mempunyai postur lebih tinggi dibanding anak2 lainya, mungkin karena itu dari kelas 1 mpe kelas 6 SD aku selalu menjadi ketua kelas, menajdi pemimpin upacara, pengibar bendera, tim pramuka dan setiap kegiatan di sekolah dasar aku selalu di ikutkan. di SD aku belum pernah menjadi rangking 1 ato 2. seingatku dari dulu sejek SD klo gak rangking 3 ya 4. mungkin karena masuk lima besar ini aku selalu di ikutkan dalam lomba cerdas cermat ( walaupun gak mpe juara, tapi lumayan dpt uang saku ).
ketika kelas 2 SD ada test hafalan sholat dari guru agamaku. waktu itu aku belum hafal. ( boro2 hafal..,sholat itu apa aku gak tau). kebetulab ada seorang temen yg begitu tartil mencontohkan bacaan dan tata cara sholat di depan temen2ku, aku sangat kagum waktu itu. sejak saat itu aku mulai belajar menghafal bacaan sholat. menginjak kelas 3 SD, ada kenangan yg membuat aku keheran-heranan mpe sekarang ( yg harus aku syukuri ). suatu hari ayahku membawakan sebuah kardus yg berisi buku2. tanpa basa-basi aku langsung bongkar buku2 tsb, aku masih teringat mpe sekarang judul buku2 tsb, buku tersebut adl beberapa tebitan majalh al-muslimun,& tarbiyah islamiah. entah mengapa sajak saat itu aku begitu rajin membaca, terutama buku yg bertemakan islam, walaupun banyak sekali yg tidak aku pahami dari apa yg ku baca.
naik kelas 4 SD, ada seorang temen ngajak aku ngaji, aku dengan senag hati mengiyakan. setelah minta ijin ortu aku mulai ngaji di sebuah madrasah di desaku. aku teringat waktu kecilku pd saat itu penuh dengan aktivitas padat, pagi hari sekolah mulai jam 7 mpe jam 1 siang. trus jam stengah 2 siang mpe asar ngaji di madrasah sampe pukul 5 sore, trus ba'da maghrib dilanjutkan ngaji baca al-qur'an di masjid madrasah...., ( wonosobo,20/07/'10 )

Aku pernah Menjadi Seorang Mahasiswa ( chapter 3 )


ketika menjelang praktik di RSUD kebumen, biasanya aku dan tema-temanku mencari tempat kost. inginya dpt tempat kost yg deket dengan RSUD dan tentu layak huni ( he2x..).
temen-temanku satu kelompok kebanyakan adl wanita, seingatku dari 12 mahasiswa hanya 3 yg berjenis kelamin laki2 ( termasuk aku ). dari sinilah masalah mulai muncul, terjadi masalah perbedaan pemikiran ttg tempat kost. kalo aku pengenya tempat kost laki-pria itu tidak serumah, tapi tampaknya pandangan seperti ini belum bisa diterima. setelah nanya2, ternyata kost yg ada disekitar RSUD dah dipenuhi mahasiswa praktikan dari berbagai macam perguruan tinggi.
jam 21.00 aku sampai di kota kebumen, posisiku belum dapat tempat kost ( padahal paginya dah mulai praktik ). sampai di kota aku mampir di masjid agug kebumen tuk shalat isya' ( berdo'a semoga dpt tempat kost yg baik ). stelah selesai shalat aku makan mie ayam ( makanan favorit ) di warung mie samping masjid agung. nah ketika makan mie ayam ada sebuah dialog yg cukup memberikan kenangan.
di warung mie ayam itu aku mendapat kawan baru. dari hasil perkenalan, dia masih kuliah, dan dalam proses menyelesaikan skipsi. aku menceritakan kpd dia klo aku belum dpt tempat kost, dan aku ceritakan pula alasanku mengapa aku tidak bergabung 1 kost dengan teman-temanku yg lain. sang kawan dari UGM itu menjawab : " mas pris, klo bagi saya yg penting itu niatnya mas.., kita 1 kost dengan cewek itu tidak masalah, itu masalah niat mas, jika kita tidak ada niat gitu2 an , kan gak ada masalah ". waktu itu aku jawab singkat : "ingat lho kata bang NaPi, kejahatan itu tidak hanya karena adanya niat, tapi juga terbukanya kesempatan, waspadalah...waspadalah...!! " ( kami berdua tertawa bersama ).
alhamdulillah, malam itu juga aku dpt tempat kost ( walaupun agak jauh dari RSUD ), dengan petunjuk dari seorang ibu-ibu yg kebetulan juga sedang membeli mie ayam. ( ternyata ibu ini dulu sekolah SMA nya di purworejo ). tempat kost aku dibelakang masjid agung kebumen.
malam itu.., makan mie ayam semakin terasa nikmat.., alhadulillah...

" hukum asal pria dan wanita adalah terpisah " ( kitab Nidzam ijtima'ie fil Islam,syaikh taqiyuddin An-Nabhani )

nonstalgia masa-masa di kampus...

sedikit cerita di kampus yg penuh warna..., tingkat satu mungkin seperti kebanyakan mahasiswa-mahasiswa yg masih baru. aku menyebutnya mahasiswa PP ( pulang-pergi ). kuliah mulai jam 7 pagi mpe jam 2 siang , abis itu tidur klo gak ya main kesana kemari ( yg penting happy ). begitulah tingkat 1 aku lalui. sedikit perubahan ketika tingkat 2. mungkin karena bosan dengan model mahasiswa PP, kucari terobosan lain. aku ikut sebuah acara pembinaan di luar kampus yg diadakan oleh sebuah organisasi pergerakan mahasiswa islam tertua di indonesia, nama tepatnya Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ). waktu itu aku teringat ijin kuliah selama 3 hari tuk mengikuti acara pembinaan ini. pembinaan ini dilaksanakan di sebuah desa terpencil yg jauh dari keramaian hiruk-pikuk kota purworejo. banyak hal yg aku peroleh dari acara pembinaan ini, ya walaupun agak pusing sedikit. aku mengenal banyak kosa-kata baru seperti: rekonstruksi,dekonstrusi,kapitalisme,sosialisme,materialisme dialektik ,insan ulul-albab, mujaddid,revitalisasi, dsb...,
di kampus HMI ini pula aku menjadi aktivis, bukan pasivis. ada satu celetukan dari seorang teman yg menilaiku : " pris, kamu itu sekarang lain ? " ( semoga menjadi lebih baik ). keluar dari pembinaan aku seolah menjadi sesosok pribadi yg pede, gak takut apapun kecuali alloh swt. ( terkena efek psikologis pembinaan ).
huahhh.....ngantuk.., udah dulu ah..tidur.
( RSUD wonosobo, 25 -07-'10 ) 


remaja muslim yg tangguh

hari ini sungguh melelahkan, walaupun libur kerja selama 3 hari,mulai jum'at same ahad besok. namun banyak hal yg aku peroleh yg membuat aku tambah bersemangat. sore tadi setelah ba'da dzuhur ngisi kajian di SMAN 10 purworejo. siang itu aku mengambil tema " menjadi remaja muslim terbaik dambaan umat ".

setelah kajian ini tampaknya remaja muda-mudi aktivis rohis tampak bersemangat, ini terlihat tampak dalam wajah mereka yg kelihatan berseri-seri. sebelum menutup kajian siang itu aku menginstruksikan pada mereka untuk menulis tentang " apa yg ingin mereka persembahkan buat islam "? jawaban yg luar biasa muncul dari calon2 para aktivis muda islam ini : " pengen dakwah "," ingin menjadi remaja pejuang islam ", " ingin mengkaji islam secara lebih dalam ", " ingin menjadi remaja yg shalih ".

kajian sore itu ditutup dengan takbir bersama yg cukup mengguncang mushala kecil disudut sekolah :  " ALLOHU AKBAR "!!!

pURWOREJO,25-9-2010

Minggu, 11 November 2012

Do'a untuk Anakku....




 

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)."(QS. Ibrâhîm: 41-42).
Dalam Al-Quran dikisahkan, bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Ibrahim a.s., ketika ia baru saja memohon agar kota Mekkah dijadikan kota tentram, aman dan anak turunannaya diselematkan dari menyembah berhala. Lebih detail tentang kisah nabi ibrahim bisa dilihat dalam Al-Ouran Surah Ibâhîm ayat 35-42.


 

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sungguh Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Âli 'Imrân: 38).

Do'a di atas merupakan doanya Nabi Zakariya a.s. agar diberi keturunan sebagai pelenjut perjuangannya menegakkan agama Allah. Kisah Nabi Zakaria bisa dilihat dalam Al-Our'an Surah Al-Anbiyâ' ayat, 89-90; Âli-'Imrân, 38-41.

Abu Syahmi untuk anakku Syahmi Syihabuddin. 

wonosobo,11-11-'12

Materi kajian pelajar jumat sore : MEJADIKAN HIDUP LEBIH HIDUP


“ menjadikan hidup lebih hidup “ ? maksudnya apa nih ? bukankah kita sekarang sudah hidup ? lalu mengapa harus lebih hidup lagi ? sekali lagi maksudnya apa ni ?

Pertanyaanya sekarang, apa itu hidup ? yg jelas fakta kehidupan itu,dulu kita tidak ada menjadi ada mulai dari rahim ibu, dari janin, keluar menjadi bayi, kemudian jadi anak-anak, kemudian jadi muda, dewasa, kemudian tua.....atau fakta tentang hidup itu tumbuh dan berkembang, bergerak, makan,minum, berinteraksi dengan orang lain. Dan hidup itu lawan dari mati.

Sepakat dengan fakta hidup di atas ??? sepakat??? Oke?

Berarti kalau sepakat,bahwa hidup itu seperti itu,lalu apa bedanya dengan MONYET??? ;-)
Berarti sama dengan monyet dong klo hidup itu hanya sebatas hal-hal di atas.

Sekali lagi apa maksudnya “ menjadikan hidup lebih hidup ?”

Kita manusia dalam menjalani kehidupan ini menjalani hidup secara biologis dan hidup secara sosiologis. Maksudnya ? maksudnya hidup secara sosiologis artinya seperti fakta yg kita tunjukkan di atas seperti tumbuh kembang, makan,minum, bergerak. Sedangkan hidup secara sosilogis artinya bisa dikatakan hidup apabila manusia berinteraksi dengan orang lain, contoh berinteraksi dengan teman-teman,guru-guru,dlsb.

Nah pada titik ini sebenarnya manusia mempunyai potensi kehidupan berupa kebutuhan jasmani, kebutuhan naluriah,dan potensi akal. Hewan dan manusia sama2 mempunya kebutuhan jasmani ataupun kebutuhan naluriah. Hanya saja hewan tidak mempunyai potensi akal,dan inilah yg membedakan hewan dengan manusia.

Maka manusia yg mempotensiakan akal sebagaimana mestinya yakni untuk berpikir tentang hakikat kehidupan yg ia jalani,inilah yg membuat manusia bisa menjadi hidup lebih hidup. Lalu sekarang pertanyaanya,berpikir tentang apa ??? coba bayangkan kucing ketika kelaperan dan bandingkan seorang manusia juga kelaperan. Jika kucing akan tengok kanan-kiri lalu diserobot makanan yg ada didepanya tanpa minta ijin pemiliknya, apakah manusia akan melakukan hal yg sama ? jika melakukan hal yg sama berarti hakikatnya ia sama dengan kuuucinggg..... seharusnya manusia yg berpikir dengan akalnya ketika ia lapar maka ia akan berpikir, ini makanan milik siapa ? bagaimana cara yg benar untuk memperoleh makanan itu? Apakah makanan itu boleh dimakan? Dst...

Dalam konteks yg lebih mendalam manusia hidupnya akan menjadi lebih hidup ketika ia ampu memecahakan 3 pertanyaan penting,yakni :........ bersambung.... ;-)

Wonosobo,11-11-'12

Abu Syahmi





Ada apa dengan Cinta ?


ADA apa denagn cinta ? eits..,maaf ya tulisan ini bukan untuk mengulas sebuah filem tertentu, namun tulisan sederhana ini hanya ingin sedikit mengulas tentang Cinta, kok tentang cinta sih ? emangnya ada apa dengan cinta ? permasalahan cinta memang menarik untuk dibahas, coba deh liat-liat status di FB, dan amati postingan status apa yg paling sering muncul ? pasti paling banyak adalah postingan masalah seputar cinta. Klo kita liat tayangan sinetron remaja saat ini pun yg dibahas adalah seputar masalah cinta, sehingga tepat apa yg dikatakan oleh ci pat kai ( temenya sungokong ); “ beginilah cinta..deritanya tiada akhir..?” gak nyambung ya ;-)

Sobat muda, menurut kalian Sebenarnya apa sih cinta itu ? ketika ditanya tentang apa itu cinta tentu kalian punya persepsi yg berbeda sesuai denga versinya masing-masing. Cinta adalah....
Ada yg berpendapat cinta adalah cinta..??!!(*_*), ada yg berpendapat cinta itu adalah perasaan mendalam yg tak dapat diukur ?! (kok mendalam ya kayak sumur kali ya,hehe), ada juga yg menyatakan cinta itu buta gak kenal suku,ras,maupun agama...,ada juga yg mengatakan cinta itu adalah pengorbanan, cinta itu adalah berbagi, cinta adalah rela mencinta dan dicinta, cinta adalah anugerah,  cinta adalah tak dapat diciptakan & tak dapat dimusnahkan ( kok kayak rumus fisika ya ?? ), cinta membuat pengecut menjadi pahlawan dan membuat pahlawan menjadi pengecut, cinta adalah kursus puisi gratis !? dan seabrek definisi cinta lainya...

Sobat muda,apapun definisi kalian tentang cinta, saya punya sedikit pengalaman ketika mendapatkan konsultasi dari salah seorang temen yg terkena virus pink alias lagi jatuh cinta. Ada temen saya dari sebuah kampus ternama di kota purworejo, temen saya ini mengadukan menghadapi masalah yg cukup sulit masalah dunia percintaan. Waktu itu dia sms ke saya : “ akhi saya boleh minta bantuan gak ?” sms itu saya balas : “ masalahnya apa ? semoga saya bisa membantu”, temen saya ini balik sms : “ saya sedang suka dengan seseorang perempuan  akh, gimana ya “. Sebagai informasi tambahan temen saya ini waktu itu masih duduk dibangku kuliah semester 3 disebuah kampus ternama di Purworejo. Karena saya menganggap masalah cinta ini menarik untuk dicarikan solusinya,khususnya solusi yg tepat untuk pemuda,saya sms balik temen saya : “ kita ketemuan saja ya akh ? “, dia balik sms : “ oke ! “. Kami berdua janjian bertemu di waktu dan tempat yg telah disepakati bersama....... ( bersambung )

wonosobo,11-11-2012

Penulis : Abu Syahmi


Senin, 05 November 2012

Awas Aliran Sesat menghantui Sekolah !! Waspadalah


Aliran sesat ini sangat berbahaya, sudah banyak korban yg berjatuhan akibat pemahaman sesat ini. berita terbaru adalah korban nyawa yg merenggut salah seorang siswa di jakarta yg menghiasi banyak media cetak maupun elektronik. Aliran sesat ini membolehkan hubungan perzinahan,aliran sesat ini membolehkan penguasaan sumberdaya alam dikuasai oleh asing,dsb... Mengapa sesat ? karena ini berkaitan dengan akidah yg sangat fundamental,yakni pemahaman sesat berkaitan dengan akidah/tauhid, Aliran ini muncul di negara-negara barat pada abad 19, kemudian  menyebar ke negeri-negeri Muslim lewat proses penjajahan..

dan berbahayanya aliran ini sudah masuk ke sekolah-sekolah ditopang dengan sistem yg sangat canggih, baik pelaku,kurikulum. aliran sesat ini melahirkan generasi yg tak tau jati dirinya. Aliran apakah yg dimaksud ? semoga tulisan sederhana ini bisa membantu para pembaca agar mampu mendeteksi sejak dini kemunculan aliran sesat ini,sehingga bisa dilakukan langkah antisipatif.

Aliran sesat ini secara garis besar antara lain terbagi menjadi 2 :

1. Ra'sumaliyah.
     Pemahaman sesat ini berasaskan " Fashluddin 'anil hayyah". dari pemahaman sesat ini muncul pemahaman sesat yg lain yakni " al-hurriyah ",yg meliputi : huriyatusy syakhsiyyah, huriyatush aqidah, huriyatu milkiyah, dan huriyatur ra'yi. Aliran ini disebarkan melalui metode yg disebut "Al-Isti'mar", dengan negera USA sebagai Negara Utama yg menyebarkan aliran ini,tentu didukung oleh para pengikutnya yg loyal.

2. Asy-Syuyu'iyah.
    pemahaman sesat ini berasaskan  " inkaara wujuudan syaiin ghairu maddah". aliran ini mungkin terlihat redup,namun tetap ada para pengembanya,bahkan pengikut aliran ini lebih progresif dari aliran sesat no.1. kitab rujukan mereka adalah Das kapital dan derivatnya. Aliran ini sebelum kepunahanya mendapat dukungan dari Uni Soviet sebelum keruntuhanya.

Semoga pengenalan singkat terhadap 2 macam aliran sesat ini bisa membenatu para Guru ,aktivis Islam,ataupun siapapun yg peduli terhadap keselamatan akidah Umat,terutama akidah para pemuda Muslim.

Abu Syahmi,Wonosobo 03/10/'12, terinspirasi dari @mbah marijon.


Para Santri tentang Pacaran






Beberapa bulan yg lalu ketika agak senggang, saya gunakan untuk nginep disebuah klinik di wonosobo, klinik pengobatan Asy-Syifa namanya, kebetulan temen saya yg seorang santri menjadi perawat di klinik tersebut. Temen saya ini mempunyai sebuah buku yg menurutku cukup bagus, buku tersebut judulnya : “ KANG SANTRI, MENYINGKAP PROBLEMATIKA UMAT “, buku ini ditulis tim santri pondok pesantren lirboyo angkata 2009, buku ini diterbitkan oleh LIRBOYO PRESS, buku ini merupakan hasil bahtsul Masail santri Ponpes Lirboyo, kota kediri jatim angkatan 2009, buku ini oleh para santri yg tergabung dalam tim penulis kang santri;  agar dapat dijadikan rujukan bagi warga NU.

Ketika saya tanya pada temenku perihal dimana ia membeli buku tersebut, ia menjawab membeli buku tersebut di Berjan, Purworejo, ketika menghadiri sebuah pengajian akbar yg diadakan oleh pondok pesantern An-Nawawi berjan, purworejo. Buku ini cukup lengkap dalam mengungkapkan dalil dengan merujuk kitab-kitab para Ulama’ salaf yg sering dipelajari di pondok pesantren.

Yg membuat saya lebih tertarik buku ini juga menyingkap problematika anak muda masa kini, dan menjadi lebih spesial karena pandangan dalam buku ini disusun oleh para santri yg menggunakan rujukan kitab-kitab yg biasa dikaji di pesantren. Salah satu yg dibahas dalam buku ini adalah bagaimana Islam memandang pacaran. Dalam menghukumi fakta pacaran ini, tim penulis kang santri merujuk beberapa kitab, diantaranya adalah Kitab Khasiyah Al-Jamal juz 4,halaman 119, Kitab Fatkhul Mu’in juz 3 halaman 298, Kitab i’anah Thalibin juz 3 halaman 298-299, dan Kitab Al-Bajuri juz 2 halaman 101, semua kitab tersebut di atas diterbitkan oleh maktabah Daarul Fikr.

Bagaimana para santri memandang pacaran ? akan saya kutipkan tulisan dalam buku tersebut.

“ seorang manusia jika tertarik pada lawan jenisnya itu wajar saja. Karena itu adalah sebuah kodrat yg tak lepas dari kehidupan manusia. Namun masih banyak yg belum mengetahui cara membina dan mengekspresikan rasa cinta tersebut. Sehingga dewasa ini, sering kita mendengar istilah pacaran, yg menurut mereka pacaran adalah satu-satunya cara yg dapat mengenal lebih jauh karakter calon pasanganya. Bagaimana konsep Islam mengatur antara pasangna remaja yg sedang jatuh cinta ?

JAWAB : Islam tidak membenarkan adanya pacaran. Sedangkan konsep Islam dalam mengatur hubungan antara sepasang remaja yg sedang jatuh cinta dan benar-benar telah berkeinginan untuk menikah adalah disunnahkan segera menikah apabila sudah berhasrat serta calon suami mampu membayar mahar dan menafkahi. Sedangkan prosedur yg dibenarkan bagi laki-laki yg sungguh-sungguh berkeinginan meminang seorang wanita untuk lebih mengenal dan mengetahui karakternya adalah sebagai berikut :
  1. 1.      Mengirim delegasi untuk menyelidiki masing-masing pasanganya, denga syarat delegasi tersebut harus orang adil, dapat dipercaya,& satu mahram atau satu jenis dengan calon yg diselidiki.
  2. 2.      Berbincang-bincang, duduk bersama namun harus disertai dengan mahramnya.
  3. 3.      Sebatas melihat wajah dan telapak tangan saja ( menurut Ulama’ Syafi’iyah )
  4. 4.      Tdak ada keraguan atau prasangka akan ditolak lamaranya. “

Demikian kutipan dari buku yg ditulis oleh para santri di pondok lirboyo. Nah untuk sahabat-sahabatku para pelajar, mahasiswa,dan pemuda lainya, terutama yg pernah “menjadi,atau merasa “ santri, atau menjadi temenya seorang santri, jadi jelas hukum Islam tentang aktivitas pacaran :  HARAM !

Untuk sahabat-sahabatku para pemuda yg sedang dimabuk cinta namun belum mampu untuk nikah : jika anda laki-laki maka pantaskan diri anda untuk menjadi ayah teladan yg membanggakan bagi anak-anak anda kelak,buatlah anak-anak anda bangga bahwa ayahnya adalah lelaki yg ta’at pada syariah Islam, buatlah bangga bahwa ayahnya adalah tidak pacaran, buatlah bangga bahwa ayahnya adalah orang yg menjaga kesucianya. Dan jika anda adalah seorang perempuan maka pantaskan diri anda untuk menjadi calon Ibu teladan yg membanggakan bagi calon anak-anak anda, buatlah anak anda bangga bahwa ibuya adalah wanita yg Shalihah, buatlah bangga anak-anak anda bahwa ibunya adalah tidak pacaran,buatlah bangga anak-anak anda bahwa ibunya adalah seorang wanita yg menjaga kesucianya. Wahai sahabatku muda-mudi pantaskan diri anda untuk menjadi seorang ayah-ibu yg Shalih-shalihah,  akan lebih oke lagi jika menjadi Ayah-Ibu Pejuang Islam. Yuk ngaji..? jawab : Yukkk.......(^_^);

Abu Syahmi, W0n0s0b0, 13/10/2012.

Malam minggu pemuda harapan umat ( episode 1 )


Sedikit berbagi cerita semoga dapat menginspirasi sahabat semua untuk menjadi lebih baik. Ada seorang pemuda ndeso, namun kuliah tempat ia belajar di daerah kota. Tidak seperti kebanyakan pemuda ndeso lainya,yg menggunakan malam mingunya untuk nongkrong, mejeng di jalan, pacaran,kebut-kebutan di jalan, teler,klo di grup remaja masjid biasanya malam minggu digunakan untuk latihan rebana,shalawatan,atau pembacaan al-barzanji, atau  klo pemuda yg kuper malam minggu digunakan untuk di rumah saja,dsb... namun pemuda ini agak lain dari yg sebelumnya, pemuda ini sebenarnya juga ikut nongkrong bersama para tongkronger’s lainya, namun nongkrongnya tidak lama-lama. Karena pemuda ini nongkrong dalam rangka aktivitas politik, lho kok ? terbukti setelah ia berkeliling dibeberapa tempat,dari tongkrongan menuju tongrongan lainya dari warung kopi menuju jembatan yg biasa dipake nongkrong,sampe juga di masjid tempat remaja masjid pada shalawatan, akhirnya pemuda ini mampu mengumpulkan beberapa pemuda lainya untuk berkumpul dalam satu majelis yg ia gagas. Dalam majelis yg ia adakan ini cukup berwarna-warni, ada pemuda yg alim rajin ngaji, ada pemuda yg tipe tekun belajar, ada juga yg agak urakan,rambut di-semir merah,pake anting-anting,ada juga yg tato-an,ada yg masih sekolah SD,SMP,dan SMA,ada juga yg pengangguran,ada juga yg masih stress gara-gara diputus pacarnya ,gubrakz!!

Sebenarnya apa maksud pemuda ini dengan mengumpulkan pemuda-pemuda lainya ? Apakah mau dikader jadi teroris atau gimana ? setelah membuka dengan salam, membaca shalawat,membaca beberapa ayat Al-Qur’an ( layaknya membuka sebuah acara ),ama ba’du : dalam aktivitas politiknya, pemuda ini mengawali pembicaraan dengan menyampaikan tentang kondisi masyarakat jepang, sebuah masyarakat yg digambarkan masyarakat yg maju dari sisi ilmu pengetahuan dan tekhnologinya,masyarakat yg dianggap cerdas oleh sebagian besar orang, namun masyarakat yg dianggap maju ini ternyata menunjukkan angka bunuh diri terbanyak di dunia dibanding dengan negara-negara lainya. Pemuda ini juga memaparkan angka bunuh diri yg cukup tinggi yg menimpa remaja di negara-negara barat, pemuda ini juga menceritakan beberapa fakta bunuh diri yg menimpa beberapa pemuda di negeri yg bernama indonesia. Seolah terbelalak melihat fakta ini majelis yg diikuti pemuda yg penuh warna ini suasana menjadi agak sunyi, horor,karena mereka tidak menyangka ternyata tak terbayangkan oleh mereka bagaimana kondisi remaja saaat ini. Diantara mereka ada yg geleng-geleng keheranan, ada yg terlihat gemas, ada juga yg tertunduk ( tapi bukan tidur lho ).” Mengapa semua ini bisa terjadi ?”  Dalam suasana yg penuh tanya tersebut Sang Pemuda tadi langsung menyatakan : “ itulah akibat dari tidak tahunya mereka akan 3 hal penting yg harus di jawab !!” semakin mengernyitkan dahi penuh tanda tanya spontan diantara pemuda yg dikumpulkan ada yg bertanya : “ apa 3 hal penting tersebut mas ?” dengan mimik serius : “ 3 hal penting tersebut yg oleh seorang Ulama yg bernama Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani disebut sebagai Uqdatul-Kubro, simpul besar pertanyaan penting yg harus dijawab oleh seorang manusia, 3 pertanyaa penting itu meliputi : dari mana kita berasal?, untuk apa kita hidup di dunia ini ?, dan akan kemana kita setelah mati ?” secara  tiba-tiba sang pemuda tadi sambil menunjuk langsung bertanya satu-satu menanyakan ke masing-masing pribadi yg ada dalam forum tersebut “ apa tujuan kamu hidup di dunia ini ?”  hampir seluruh forum ini menjadi forum kaget seolah mendapat pertanyaan yg tak terpikirkan sebelumnya, beberapa diantaranya kelimpungan+kelabakan untuk menjawab,padahal bukan soal matematika, fisika,atau kimia..(*_*). Karena tidak ada yg mampu menjawab, sedikit guyon pemuda tadi menyampaikan : “ wah antum semua calon-calon risiko bunuh diri ni “, suasana menjadi cair dengan penuh senyuman ;-).

Setelah dijelaskan pancang lebar terkait Uqdatul Kubra sekitar 2 jam,dari jam 21.00-23.00, karena forum itu menjadi forum yg mulai ngantuk,akhirnya forum itu ditutup dengan doa kafaratul majelis,tapi pemuda-pemuda yg berkumpul tadi belum hafal doa kafaratul majelis, boro-boro hafal,doa kafaratul majelis itu apa mereka tidak tahu????  Setelah dijelaskan secara singkat doa penutup majelis ini, sang pemuda membimbing pemuda lainya bersama-sama melafaldzkan doa kafaratul majelis tersebut. Sebelum bubar para pemuda yg penuh warna ini berkomitmen untuk melanjutkan forum yg dinamakan Halqah ini malam minggu pekan depan. Alhamdulillah...,
Eits !, ternyata ketika sang pemuda tadi melakukan aktivitas politik nya ini ada yg menginteli... siapa intelijen ini ?? tunggu episode berikutnya..

Abu Syahmi, mengenang masa lalu,wonosobo,13/10/2012


MENGENAL ISLAM

  1. TA’RIF ISLAM ( DEFINISI ISLAM  )
الإِسْلامُ هُوَ الدِينُ الَّذِي أَنْزَلَهُ اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّمَ بِتَنْظِيمِ عَلاقَةِ الإِنْسَانِ بخَالِقِهِ، وبِنَفْسِهِ، وبغَيْرِهِ مِنْ بَنِي الإِنْسَانِ. وعَلاقَةُ الإِنْسَانِ بخَالِقِهِ تَشْمُلُ العَقَائِدَ والعِبَادَاتِ، وعَلاقَتُهُ بِنَفْسِهِ تَشْمُلُ الأَخْلاقَ والمَطْعُومَاتِ والمَلْبُوسَاتِ، وعَلاقَتُهُ بغَيْرِهِ مِنْ بَني الإِنْسَانِ تَشْمُلُ المُعَامَلاتِ والعُقُوبَاتِ.  نظام الاسلام , ص 97 
Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yang mengatur hubungan manusia dengan Khaliq-nya, dengan dirinya dan dengan manusia sesamanya. Hubungan manusia dengan Khaliq-nya tercakup dalam perkara akidah dan ibadah. Hubungan manusia dengan dirinya tercakup dalam perkara akhlak, makanan, dan pakaian. Hubungan manusia dengan sesamanya tercakup dalam perkara mu’amalah dan uqubat (sanksi). ( Kitab Nidzam Islam hal. 97 )

Batasan Islam sebagai “agama yang diturunkan oleh Allah SWT” telah memproteksi agama yang tidak diturunkan oleh Allah SWT. Ini meliputi agama apa pun yang tidak diturunkan oleh Allah SWT, baikHindu, Budha, Konghucu, Sintoisme ataupun yang lain. Sedangkan batasan “kepada Nabi Muhammadsaw.” telah memproteksi agama lain selain agama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., baikagama yang diturunkan kepada Nabi Musa, Isa maupun yang lain, apakah Kristen, Yahudi ataupunagama-agama Nabi dan Rasul yang lain. Mengenai batasan “yang mengatur hubungan manusia denganAllah, dengan dirinya dan dengan sesamanya” merupakan deskripsi yang komprehensif meliputi seluruh aspek, mulai dari urusan dunia sampai akhirat, baik yang menyangkut dosa, pahala, surga, neraka maupun akidah, ibadah, ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan dan sebagainya.

 “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (Q.s. Ali Imrân: 19).
Ayat ini menjelaskan kedudukan Islam sebagai agama samawi yang diturunkan oleh Allah kepada manusia. Namun ketika Allah menjelaskan “sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam” berarti bahwa agama lain, yang pernah diturunkan oleh Allah tidak diakui setelah diturunkannya Islam.

Pengertian ini dikuatkan oleh firman Allah SWT yang menyatakan: “Hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agama kamu, dan telah Aku cukupkan untuk kamu nikmat- Ku, serta Aku ridhai Islam sebagai agama kamu.” (Q.s. Al-Mâidah: 3). Ayat ini menjelaskan, bahwa hanya Islamlah satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah SWT, sementara yang lain tidak. Ini bisa difahami dari mafhûm mukhâlafah lafadz: “Aku ridhai” yang merupakan kata kerja sifat: “Aku ridhai Islam sebagai agama kamu” yang berarti: “Aku tidak meridhai selain Islam sebagai agama kamu.” Mafhûm ini diperkuat oleh nas berikut ini:  “Siapa saja yang mencari selain Islam sebagai agama, sekali-kali tidak akan diterima (agama itu) darinya, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi.” (Q.s. Ali Imrân: 85).


 Abu Syahmi, materi kajian Umum Rohis SMKN 1 Purworejo


'Ied Adha bersama para santri Wali Songo


jika kebanyakan orang pada malam ied menghabiskan waktunya bersama keluarga tercinta. maka suasana berbeda di sebuah pesabtren di wonosobo, tepatnya pondok pesantren wali songo.di desa wonosari, getas, wonosobo. alhamdulillah di malam takbiran yg penuh berkah ini saya dapat membersamai para santri untuk takbiran di pondok tersebut. setelah shift sore dari RSUD Wonosobo, saya ditemani salah seorang santri menuju pondok. mungkin barangkali orang yg belum pernah datang ke pondok salaf ( pondok dengan model tradisional lama ) ketika datang di ajak berkeliling pondok akan berkomentar " WooWW.." ;-) karena suasana bener-bener seperti sebuah padepokan kuno. satu ruangan kecil dihuni sekitar 4-5 santri, dibelakang ada santri yg ngais-ngais makanan yg tersisa,ya mungkin laper,sama seperti sya,hehe.

tapi suhanallah...,disana terdapat anak-anak muda yg pikiran mereka masih belum tersentuh oleh pemikiran-pemikiran kuffur seperti sekularisme atu sosialisme. sudah menjadi trdisi di pondok unutk melakukan muthola'ah antar sesama santri, berdiskusi masalah-masalah agama dengan berbagai kitab rujukan, berdalil dsb. kesempatan yg bagus ini saya gunakan unutk berdiskusi dengan anak-nak pondok santri wali songo. kebetulan bawa noteBook, dalam kesempatan itu saya perlihatkan pada mereka tentang problematika umat terkhusus para pemudanya. diskusi kecil yg diikuti oleh sekitar 5 orang santri di sebuah kamar kecil santri ini rupanya cukup membuka mata kesadaran mereka tentang bagaimana kondisi para pemuda masa kini,hal ini bisa dilihat dari mimik muka mereka yg seolah tidak percaya dengan kondisi ini, ada yg istighfar sampai beberapa kali. detengah suasana keperihatinan mereka,saya sampaikan pada mereka sudah seharusnya para santri yg didik untuk menjadi Ulama pewaris para nabi bergerak untuk melakukan penyelamatan terhadap umat,terkhusus para pemudanya. mengapa mereka tercengang dan terlihat gemas ? hal ini bisa dipahami karena para santri yg mukim mereka begitu sibuk dengan dunia per-kitaban, mereka asyik membaca kitab,sementara mereka sedikit untuk melihat fakta terkini umat Islam. ini bisa terlihat dari keheranan mereka ketika saya sampaikan ada yg disebut dengan Jaringan Islam Liberal yg itu merupakan agen penjajah dibidang liberalisasi pemikiran, sementara di bidang pergaulan pemudanya di rusak dengan konsep kebebasan berperilaku yg ini adalah strategi barat menjauhkan pemuda muslim dari identitas muslimnya,akibatnya pergaulan bebas, hamil di luar nikah, aborsi,adalah akibat dari pola pemikiran rusak ini. komentar para santri ketika mendengan paparan fakta ini : " saya baru tahu mas sampai sedetail ini, walaupun saya merasakan ada yg tidak beres dengan kondisi ini ". diskusi ini cukup panjang dari jam 21.00-sekitar pukul 01.00 dinihari,disela-sela takbir berkuandang.

sebenarnya sebelum diskusi ini dimulai,saya dengan seorang ustadz di sana janjian unutk ketemuan,yakni mengkaji kitab safinatun najah, sebuah kitab dasar awal yg dikaji oleh para santri. saya memposisiskan diri sebgai seorang Murid.mustami'( pendengar ),sementara ustadz saya namanya ustdz Dwi,umurnya masih muda,terpaut 4 tahun lebih muda dari saya, tapi semnagatnya dalam mengkaji islam sungguh luar biasa. bab pertama yg dikaji adalah tentang Arkaanul islam dan Arkaanul Iman. membahas tentang dasara-dasar Islam. beliau menjelaskan panjang lebar apa itu rukun ilsma ,apa itu rukun iman dengan gaya khas santri. yg menarik tentu adalah pada saat dibuka sesia diskusi. saya mencoba membandingkan dengan apa yg saya dapat dari kitab Nidzam Islam yg ditulis oleh seorang ulama' sunni syaikh taqiyuddin an-nabhani,tentang pembahasan Iman..,maka hasilnya adalah semakin menguatkan apa yg saya pahami selama ini. tentang bagaimana metode memperoleh keimanan, fakta iman itu sendiri dan lain sebagainya.

insyaAllah Ustadz Dwi akan memprivat saya dengan kitab-kitab yg sering dikaji para santri, semoga dimudahkan ,amin..

terakhir,ada sebuah hadis yg disampaikan oleh rasulullah yg tertulis dalam muqaddimah kitab safinatun najah tentang Ilmu,yg membuat saya lebih bersemnagt lagi untuk belajar :مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْـرًا يُـفَـقِـهْهُ فِي الدِّيْنِ  " Siapa yang Alloh kehendaki menjadi baik maka Alloh akan memberikannya pemahaman terhadap Dien  "

Abu Syahmi,Wonosobo,Ied Adha 26/10/2012



Sabtu, 03 November 2012

Video pernyataan salah seorang Habaib tentang dukunganya terhadap Dakwah Hizbt tahrir

testimoni Habib Ahmad Bin Idrus As-Segaf tentang dukunganya terhadap dakwah Hizbut Tahrir. Beliau adalah seorag Habaib dari tanjug priok, jakarta. Monggo disimak petuahnya-petuahnya...

video

Testimoni ( pernyataan ) Ustadz Gus Mujib tentang Dakwah Hizbut Tahrir

Video Testimoni Ustadz Gus Mujib ( alumni  ponpesTebu ireng jombang, Alumni Ponpes tambak Beras jombang, alumni Ponpes Lirboyo Kediri, Pengasuh Ponpes Mamba'ul Hikam Lumajang ) tentang Dukunganya terhadap Dakwah Hizbut Tahrir.


video