Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Senin, 12 November 2012

PRIBADI SPESIAL...

pribadi spesial ? seperti apakah itu ? bagaimana mewujudkanya ?
jika diibaratkan sebuah wajah, pribadi spesial adalah ibarat tahi lalat yg terlihat menonjol dan terlihat mencolok . pribadi spesial tidak ditentukan oleh panjangnya jenggot, cingkrangnya celana, dan lebarnya jubah, mancungnya hidung, ataupun putihnya kulit. hal-hal tersebut hanyalah penampakan luar yg dapat direkayasa oleh siapapun..., lalu seperti apakah pribadi spesial itu ?
taukah kita dengan sesosok manusia spesial yg bernama bilal bin rabbah ? sesosok manusia dari afrika, berkulit hitam legam, seorang budak rendahan yg dimiliki tuannya. ketika itu pribadi spesial ini dadanya ditidih batu besar, diseret dalam membaranya panas gurun yg menyengat, dicambuk ditengah teriknya mentari. ditengah siksaab yg bergitu dahsyat, sosok spesial ini dengan tergar mengucapkan kata yg spesial yg abadi dalam sejarah peradaban manusia : " ahad..ahad..ahad.."
taukah kita dengan sesosok manusia yg bernama mush'ab bin umair?, pemuda paling tampan,paling kaya, paling kece',pokoknya paling wah..., ia menjadi bahan gosipan setiap gadis..,. namun ketika ia beriman pada dien islam, dia didemo oleh ibunya dengan ancaman mogok makan. sosok spesial yg kelak menjadi duta islam pertama ini dengan pedenya menjawab : " wahai ibu, andaikan engkau punya seratus nyawa, dan hilang satu-persatu, niscaya aku tak akan pernah berpaling sedikitpun dari kebenaran islam.
taukah kita dengan sesosok istri spesial yg bernama khadijah binti khuwailid ? ketika sang suami dilanda gundah gulana karena beban tugas beratnya tuk menyampaikan risalah islam, sang istri spesial ini denagn begitu anggun sambil menyelimuti suaminya memberikan motivasi spesial tuk sang suami: wahai utusan alloh, sampaikanlah apa yg alloh amanahkan kepadamu, niscaya akulah orang pertama yg akan membenarkanmu "
taukah kita dengan pemuda spesial yg bernama ali bin abi thalib ? ketika diseru pada kebenaran islam, sempat dia mempertimbangkan tuk minta ijin ayahnya, namun setelah itu ia mengurungkan niatnya tuk minta ijin, sambil mengucapkan kata-kata spesial : " alloh saja menciptakanku tanpa seijin bapak ku, lalu mengapa aku harus minta ijin tuk memeluk islam ?"
taukah kita dengan, sesosok manusia paling spesial yg pernah terlahir di dunia ini,muhammad SAW ? ketika ancaman datng bertubi-tubi, bujuk rayu datangsilih datang berganti. menghadapi itu semua, pribadi super spesial ini menyampaikan untaian kata spesial : " andaikan rembulan diletakkan ditangan kiriku, dan mentari diletakkan ditangan kananku, sekali-kali aku tak akan berhenti dari dakwah ini, atau aku hancur karenanya "
begitulah beberapa teladan pribadi spesial. lalu pertanyaanya bagaimana mewujudkan pribadi spesial seperti sosok-sosok spesial di atas ? mereka muncul sebagai pribadi spesial bukan tanpa sebab, mereka ada karena pembinaan yg spesial pula. mereka membina diri dengan pembinaan yg berkelanjutan, mereka secara sengaja membentuk pribadi mereka tuk menjadi spesial. mereka membina diri dengan pemikiran dan pola jiwa,serta akhlak yg spesial. ISLAM sumber inspirasi mereka, ISLAm lah sumber referensi mereka, islamlah sumber pembentukan jiwa mereka. jadi pribadi spesial itu adalah pribadi yg ber_syakhsiyyah islam.
bukankah kita sudah menjadi pribadi yg spesial kawan ?

( wonosobo, 26/07?2010 )

Tidak ada komentar: