Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Selasa, 31 Januari 2012

balada anak-anak rohis






mereka ini masih sangat muda umurnya seumuran anak-anak SMA. mereka ini sama dengan anak-anak lainya, makan nasi juga,bisa juga bercanda, dan kadang suka sedikit jahil juga, sepintas memang tidak ada yg membedakanya dengan anak-anak lain yg seumuran denganya.

ada pengalaman yg cukup menarik, ini terkait dengan anak-anak rohis ( kerohanian islam ) di SMA. jika sistem pembinaan di rohis itu sudah mengakar maka siapapun yg masuk kedalamnya akan berubah cukup significant,atau setidaknya mengalami perubahan dan berbeda dari sebelumnya. mereka yg biasanya melankolis dan agak melo ketika aktiv di rohis akan menjadi sedikit sangar. dari yg sebelumnya yg dibahas adalah masalah cewek,kini berubah membahas Islam, kebangkitan umat, partai politik, problematika umat,dakwah dsb... perubahan yg cukup mencolok akan terjadi, sehingga mungkin kawan-kawan seumuranya akan bertanya keheranan " kamu kok berubah sih ?" kamu kok gak kayak dulu sih ?

dan ini yg menarik, jika sebelum ikut rohis menjadi playboy cap jempol alias jagoan pacaran, kini setelah ikut rohis menjadi anti-pacaranisme ( sebuah ideologi yg cukup rawan di idap pada masa muda  ), bahkan perubahan itu akan sampai pada titik pacarnya diputus seketika secara tiba-tiba tanpa ada angin dan hujan. gubrakz!! tapi bukan berarti mereka gak punya rasa cinta, cuma mereka memahami apa yg harus dilakukan dengan cinta ???

pernah ada seorang lumayan setengah-setengah aktiv di rohis, dan ia suka dengan seseorang, ditembaklah orang yg disukainya tadi, tapi ditolak..!! mengapa ditolak ? jawabanya karena yg ditembak merasa tidak pantas dengan anak rohis yg kalem dan baik-baik sementara dirinya merasa lebih buruk..

pada episode yg lain... ada anak yg aktiv di rohis..,tapi kemudian berbalik arah mengundurkan diri dari rohis karena kagak kuat mengucapkan i love you pada orang yg disukainya, karena ada opini umum dikalangan aktivis rohis, aktivis rohis kok pacaran ?

kuncinya : klo ada anak rohis halqohnya rajin, insya Allah aman cz ada kontroling
                 tapi klo ada anak rohis kok halqohnya ogah-ogahan,bahkan ogah beneran,alias rohis kartu anggota maka alamat siap-siap bermasalah ujung-ujungnya menghilang dari peredaran rohis...

Purworejo,31/01/2012

Tidak ada komentar: