Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Sabtu, 03 Oktober 2015

Liburan Aktivis Dakwah



Liburan Seorang Aktivis Dakwah

Hari-harinya ia gunakan untuk melakukan kontak dakwah ke masyarakat, melakukan rapat koordinasi, mengelola beberapa halqah, melakukan kunjungan ke mad'u binaan, dan memberikan laporan-laporan kepada mas'ul dakwah setempat. Bisa jadi saat ini ia ada di suatu kota, beberapa saat kemudian ia berada di kota yang lain, berbagi nasihat, mengelola sebuah team dakwah.

Dan aktivitas-aktivitas ini akan semakin padat menjelang akhir pekan. Akhir pekan, disaat orang biasa gunakan untuk beristirahat, re fresh, dengan segala macam hiburan dan liburan, justru ia gunakan untuk mengintensifkan sebuah agenda dakwah.

Ya, dakwah adalah poros kehidupanya.

Disaat bersamaan, ia adalah seorang yang bekerja mencari sesuap nasi untuk menafkahi keluarganya, banyak pula masalah-masalah kehidupan yang ia hadapi, yang tidak jarang membuat air mata menetes ditengah gelapnya tengah malam yang sunyi.

Kadang..., terpikir untuk bisa hidup normal..., sebagaimana kebanyakan orang. Bekerja dengan segala dinamikanya, menjelang akhir pekan merencanakan sebuah liburan keluarga, dan seterusnya....

Mungkin ada yang kepikiran, " kapan aku liburan ?"

=======================================================

Jadi teringat salah satu buku tulisan Ustad Fahmi Amhar, 30 Jurus mengubah Nasib. Salah satunya adalah ubah hiburan.

Ketika engkau menyusuri jalan berbukit, melihat pemandangan persawahan yang luas, indahnya pohon disisi kanan kiri jalan, engkau merasa bahagia, maka itulah hiburan. Padahal saat itu engkau dalam perjalanan mengisi sebuah binaan yg rumahnya berada di daerah terpencil.

Saat engkau melihatbanakmu yg mungil menggemaskan tidur disampingmu engkau merasa bahagia, itulah hiburan. Padahal saat itu engkau sedang mengisi sebuah forum kajian.

Itu kan hiburan ? Lha liburanya kapan ?

Sepertinya tidak ada liburan dalam dakwag ini. Lha wong dengan dakwah ini kita merasa gembira jiwa ini. Masak mau libur dari hal yang menggembirakan jiwa ?

Tambakrejo, Purworejo, 03/10/'15





Tidak ada komentar: