Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Senin, 17 Desember 2012

Liburan Produktif Pelajar Muslim



                                       bersama para pelajar Purworejo setelah megatraining yg diisi oleh Ust.Fellix siauw





Bagaiman agar liburan para pelajar Muslim atau lebih khusus lagi bagi kamu-kamu aktifis dakwah sekolah ( ADS ) bisa lebih produktif?
Saat ini, tidak terasa Libur panjang mulai mendatangi pelajar-pelajar sekolah, dan tentu saja ini masa-masa yang sangat ditunggu dan dinantikan. Setelah sekian bulan lamanya menjalani aktifitas sebagai pelajar, organisasi,dll. Dan aktifis dakwah sekolah pun termasuk didalamnya pula. Nah, waktu libur panjang yang cukup lama ini jika tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya, maka kita termasuk orang yang merugi, menyia-nyiakan waktu yang ada. Ya gak ? ;-)
Oleh karena itu, sebagai pelajar Muslim apalagi sebagai aktivis Dakwah sekolah,atau aktivis rohis  tentu kita akan memprogramkan apa saja yang akan kita lakukan selama liburan agar produktif dan siap untuk kembali ke ranah dakwah sekolah dengan pribadi yang lebih bersih dan segar.
  1. Membuat Target.
Cobalah buat target yang jelas dan realistis. Untuk menambah kualitas pribadi. Contohnya hafal 1 juz setelah liburan, atau menguasai bahasa inggris, arab, ataupun komputer setelah liburan, dan banyak lainnya. Pilih yang paling sesuai, dan tidak melanggar hukum syariah.

2. Membuat planningPekan/kegiatan sesuai denga target yg telah dibuat.
 Pastikan setiap hari diisi dengan kegiatan bermanfaat. Apa saja yang dapat kita lakukan ?, kita coba bagi dalam 3 bagian :
a.Refreshing/Istirahat adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, ibarat sebuah mesin. Ada banyak macam bentuk refreshing :Olahraga, Wisata Kuliner, Menjadi Relawan, Hiking, Mudik, Fotografi,dll.
b. Pengembangan Diri, Baik dari bidang keagamaan maupun softskill :Training ESQ, Menghafal quran, Les bahasa asing, Target membaca sejumlah buku, mengikuti kajian ke-Islaman, mengadakan kajian khusus remaja dan mengajak teman-temanmu untuk ikut serta dll.
c. Akademik, me-refresh atau sedikit membuka-baca pelajaran sekolah walaupun hanya sebentar, selain untuk biar gak kelupaan, biar gak kaget pas masuk sekolah lagi ;-)

3.  Persiapan  Dakwah
Hal ini yang paling penting, menyiapkan agenda dakwah ketika sudah mulai proses belajar-mengajar kembali. Yakni dengan membuat agenda kaderisasi dan rencana strategi untuk tahun ajaran berikutnya. Terutama mendekati tahap Penerimaan siswa Baru untuk menjaring bakal calon pejuang dakwah sekolah. Atau juga berbagai agenda untuk lebih meningkatkan ukhuwan kader dakwah, contoh outbond, rihlah, mabit,dll.

Terakahir saya ucapkan pada adik-adikku para pelajar, selamat berlibur ! 

Wonosobo,RSU Wonosobo, akhukum abu Syahmi 17-12-2012

1.Demi masa.  2.Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran ( Al-‘Asr )

Tidak ada komentar: