Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Jumat, 04 November 2011

pemikiran fundamental

ada seorang murid bertanya pada gurunya. ketika guru menjelaskan tentang bahwa tingkah laku manusia sangat bergantung dengan pemahaman yg dimilikinya. pemahaman yg dimaksud disini adalah pemikiran menyeluruh tentang manusia, kehidupan,dan alam semesta, beserta apa hubungan ketiganya dengan yg ada sebelumnya,dan hubungan ketiganya dengan apa yg ada setelahnya.

sang murid ini kemudian bertanya, lalu termasuk pemikiran apakah jika ada pedagang yg berpikir gar untung dalam perdaganganya ? seorang pelajar berpikir agar mendapat rangking juara ? petani berpikir agar panenya melimpah ?

untuk mejawab pertanyaan sangmurid, guru balik bertanya pada murid. pemahaman apakah yg menentukan jika seorang berdagang dia harus jujur dan taat syariah dan tidak melakukan perbuatan curang ? pemahman apakah yg menentukan seorang pelajar ketika dia harus berudaha sungguh2 tanpa nyontek saat ujian,karena menyontek adalah berdosa? pemahaman apakah yg menentukan bahw apetani itu agar memperoleh panen yg melimpah tidak mencuri aliran air dari sawah tetangga?

jawaban2 dari pertanyaan tadi adalah sangat ditentukan oleh pemahaman dasar ( fundamental ), pemahaman fundamental itu adalah pemahaman yg terkait pemikiran menyeluruh tentang manusia, kehidupan,dan alam semesta, beserta apa hubungan ketiganya dengan yg ada sebelumnya,dan hubungan ketiganya dengan apa yg ada setelahnya. inilah pemahaman fundamental yg menentukan pemahamn cabang lainya.

seren,hujan deras 04-1102011



Tidak ada komentar: