Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Selasa, 15 November 2011

Ulama Purworejo : KH. Yusuf Rosyadi: Khilafah Wajib Diperjuangkan Penegakkannya


HTI-Press. Hizbut Tahrir Indonesia Daerah Purworejo dalam Sarasehan dan Bedah Buletin AL-ISLAM, Jum’at (01/08), bertajuk “Menegakkan Kembali Khilafah” menggugah kembali kesadaran umat Islam atas kehebatan Islam yang pernah ada beserta keagungan penerapan syariah dan khilafahnya.

Di hadapan para jamaah Masjid Agung Al-Izhaar Kutoarjo Purworejo, KH. Yusuf Rosyadi, kiai yang dikenal akrab dengan masyarakat dan majelis taklim se-Purworejo menyampaikan pandangannya atas kewajiban penegakkan Khilafah. Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid Kedungsari ini memaparkan secara gamblang dari sudut kajian sejarah yang pernah beliau pelajari selama di Timur Tengah.

KH. Yusuf Rosyadi mengaku pernah mengkaji kitab-kitab yang dituliskan Syaikh Yusuf an-Nabhani, ulama di masa Daulah Utsmaniyah yang sekaligus juga kakek dari Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani. Beliau menegaskan bahwa kehadirannya bukan untuk menyenangkan suatu gerakan dakwah khususnya Hizbut Tahrir, tapi berangkat dari keyakinan bahwa Khilafah Islamiyyah wajib diperjuangkan penegakkannya. Ia berharap semua elemen Islam bersatu dalam perjuangan tersebut.

Selanjutnya Ust. Muhammad Naim Yasin dari DPD II Hizbut Tahrir Indonesia Daerah Purworejo, memaparkan analisis dan membedah buletin dakwah AL-ISLAM. Ia menegaskan bahwa penegakkan kembali khilafah didukung oleh dalil naqli serta didukung pula oleh fakta sejarah peradaban di masa lalu.

Dalam acara tersebut, hadir beberapa tokoh umat seperti perwakilan dari PD Muhammadiyah Purworejo, tokoh Nahdlatul Ulama di sekitar Purworejo, dan beberapa elemen Islam. Acara semakin bertambah semarak dengan adanya diskusi seputar penegakkan kembali khilafah. Menjelang sholat Ashar acara ditutup dengan do’a yang disampaikan oleh KH. Nasikhin, Imam masjid Agung Al-Izhaar Kutoarjo Purworejo Jawa Tengah, demikian seperti disampaikan oleh Humas HTI Purworejo, HM. Djazim Ratomi, S.Sos. kepada HTI Press.*** (li/HTI Purworejo)



http://hizbut-tahrir.or.id/2008/09/25/kh-yusuf-rosyadi-khilafah-wajib-diperjuangkan-penegakkannya/


2 komentar:

Judhianto mengatakan...

Di era modern ini, suatu sistem pemerintahan akan berjalan jika didukung rakyat. Pemaksaan sistem negara dari kelompok elit tidak akan bertahan lama jika tidak didukung rakyat.

Kalau memang khilafah merupakan sistem yg baik, para pendukungnya harus menjelaskan secara detil bagaimana pelaksanaannya kelak, bukan cuma jargon2 indah tanpa detil atau nostalgia masa lalu. Bila unggul, pasti rakyat mendukung.

Untuk melihat khilafah dalam sejarah, bisa berkunjung ke tulisan berikut:
Khilafah. Negara Islam Dalam Sejarah

pristian surono putro mengatakan...

begini saudaraku mas judhianto : tulisan itu adalah sedikit reportase kegiatan yg dilakukan oleh HTI Purworejo. dan ulama yg disebuat diatas ( K.H. Yusup Rosyadi ) menyatakan wajibnya Perjuangan penegakan Khilafah islam. wajibnya Khilafa islam ini seperti wajibnya shalat 5 waktu. adapun jika kita belum tau detailnya negara khilafah itu seperti apa bukan berarti itu adalah dalil ditolaknya khilafah, seperti halnya apakah kita akan menolak wajibnya shalat 5 waktu hanya karena kita belum tau detailnya? tentu kurang tepat hal seperti itu.