Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Rabu, 13 Maret 2013

Geng skul VS Dakwah skul ( episode 1 )







Dalam sebuah rapat Rohis yg suasananya penuh dengan ketegangan. Ada apakah gerangan ? Akh Zainal yg semula hanya diam serius memperhatikan jalanya rapat akhirnya angkat bicara ; “ teman-temanku yg dirahmati Allah, menjadi aktivis dakwah sekolah adalah sebuah pilihan hidup, begitu juga melakukan aktivitas pacaran juga adalah sebuah pilihan,dan ingatlah bahwa setiap pilihan pasti ada konsekuensinya dan akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak..., setelah mengucapkan kata-kata ini akh zainal diam sejenak, untuk kemudian melanjutkan kata-katanya..;  antara yg haq dan yg batil juga tidak ada percampuran karena keduanya adalah hal yg saling bertolak belakang, seperti bertolak belakangnya antara cahaya dengan kegelapan, jadi silahkan menentukan pilihan jika masih melakukan pacaran,maka dengan segala permintaan maaf untuk segera menentukan keluar dari rohis..” suasana semakin tegang.


Beberapa hari bulan ini internal Rohis memang sedang mengalami kerapuhan internal karena ada beberapa aktivisnya yg terjerembab dalam pacaran, sehingga hal ini menyebabkan banyak kritik dari eksternal rohis. Yang membuat pengurus rohis untuk segera memotong anasir buruk ini sebelum menjalar ke tempat lain,dan rapat ini adalah bagian dari upaya ini.

Sementara di dalam rohis rohis mengalamai kerapuhan internal, sementar itu diluar, kasus pergaulan bebas,hamil diluar nikah semakin menjadi-jadi. Berita terbarunya adalah beberapa siswa gabungan berencana mengadakan Valentine day massal, dengan menggelar sebuah konser massal di sekolah, dengan para peserta harus bersama dengan gebetanya ketika menghadiri acar ini.

Suasana rapat masih deadlock, aktivis rohis yg lainya Akh nawa angkat bicara : “ kehidupan  ini sebuah proses, anak rohis juga manusia biasa,kadang bisa khilaf juga, sebaiknya di organisasi ini dijadikan sarana nasihat-menasihati...” belum selesai Akh Nawa berbicara langsung dipotong oleh Akh Dhika,” tapi ini sudah berlangsung lama sekali, proses nasihat ini juga sudah dilakukan selama beberap bulan yg lalu, jadi tingal pilih saja mau tetep di rohis, berarti tinggalkan pacaran, ato bagi yg tetep mau pacaran silahkan keluar dari rohis ! pilahanya jelas !!  suasana semakin tegang.

Tiba-tiba seorang siswa angkat bicara, “ maaf mas, saya mundur dari rohis “, kemudian diikuti oeh suara yg lain :” saya juga ikut mundur mas” satu,dua,empat,, lima, tujuh anggota rohis mengundurkan diri satu persatu. Salah seorang diantara yg mengundurkan diri sebelum mundur dari menyatakan “ kawan-kawan, maafkan saya, saya telah merepotkan kawan-kawan semua, pilihan mundur dari rohis ini adalah pilihan saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas nasihat-nasihat kawan-kawan semua selama ini. Akhirnya beberapa anak rohis yg megundurkan diri ini kelaur dari rapat. Dan tinggal tersissa beberapa yg rapat di rohis. Semua salingg menatap diam.

Ditengah kebisuan ini, terdengan suara motor datang, “ ustadz Abu Syahmi datang “ ujar Akh Dhika. Akh Nawa berdiri untuk menyambutnya, “ Assalamualaikum.., seru Ustadz Abu Syahmi,  “ wa’alaikumsalam...( serantak sisa-sisa anak rohis yg masih ada ikut rapat. Saling bersalaman, sambil duduk Ustadz Abu bertanya “ gimana rapatnya,lancar kan ? semua diam sejenak saling menatap, “ alhamdulilah lancar ustadz, walaupun ada sedikit kendala “ ungkap Akh zainal sambil tersenyum.

Setelah Akh zainal bercerita panjang lebar mengenai aktivitas rapatnya. Setelah menghela nafas ustadz Abu berkata :  akhi fillah.., saya memberikan apresiasi yg baik terhadapa program pembersihan yg antum laukan di internal rohis. Dan memang sudah seharusnya begitu. Saya lihat beberapa nama yg keluar dari rohis mereka sering absent dari halqah.oleh karena itu saya berharap setelah kejadian ini, internal rohis semakin solid, dan sistem yg dibnagun semakin terorganisir, sehingga bisa meminamalisir anasir-anasir negatif.

Suasana penuh kekeluargan, diselingi canda dan tawa semerbak di forum penuh berkah ini. Dengan nada serius Akh bangkit mengawali pembicaraan : “ kawan-kawan..,bercandanya  off dulu,saya ada informasi penting..,” suasana kembali tenang, “ apa itu akhi ?” sela Akh tafsirruddin. “ kemaren saya sempat dengar di ruang lab ada rapat beerapa siswa, mereka merencanakan sebuah acara yg diadakan dalam rangka menyambut Vday..., belum selesai akh bangkit bicara,suasana menjadi gaduh.., “ kaptalisme harus segera kita tumbangkan ! sergah akh dika penuh semangat,” parah “ seru akh tafsir.., namanya juga manusia kadang bisa khilaf juga “ Akh nawa ikut menipali...,  sssttt...akh bangkit belum selesai bicara, kita dengarkan dulu informasi dari AKh bagkit sampai selesai “ tukas Akh heru dengan penuh wibawa. Sementara ustadz abu syahmi mengamati satu-satu respon aktivis rohis tersebut.

bersambung....

Tidak ada komentar: