Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Sabtu, 09 Maret 2013

Mendinamiskan kelompok Mentoring




Kegiatan mentoring sudah biasa dilakkan, yg dulu hanya dilakukan di sekolah-sekolah, atau kampus-kampus kini sudah masuk merambah masyarakat luas, baik di remaja masjid, kelompok masyarakat secara umum,buruh, tokoh masyarakat, dosen-dosen , kyai, ustadz , masyarakat biasa dll...

Tujuan dari kegiatan pembinaan ini adalah untuk membentuk pribadi yg ber-syakhisiyyah Islamiyah, dimana pola pikir ( aqliyah ) dan pola sikapnya ( nafsiyah ) selalu terikat dengan Akidah islam. Kegiatan mentoring  ini juga bertujuan membentuk syakhsiyyah pengemban dakwah, dimana para pengemban dakwah ini adalah agen taghyir ( perubah ) dari masyarakat kapitalis-sekuler menuju sistem Islam dalam naungan Khilafah islamiyah.
Kegiatan mentoring ini dibimbing oleh seorang tutor/musyrifin,dan anggota halqah yg terbatas,biasanya jumlahnya tidak lebih dari 6 orang anggota mentoring. Kegiatan mentoring ini bisa disebut sukses ketika seluruh anggota kelompok baik musyrifin maupun mad’u  mentoring bergerak baik dari sisi individu ataupun sebagai sebuah amal jama’ie. Sedikit berbagi pengalaman, semoga bisa diambil pelajaran;
  1. Kontrol  dari musyrif kepada mad’u.
Kontrol ini dilakukan untuk  menjaga syaksiyyah mad’u, yg secara umum adalah menjaga agar anggota kelompok mentoring ( mad’u ) tetap berada dalam peradaran dakwah,bagaimanapun masalah yg dihadapinya. Kontrol dilakukan dalam aspek tsaqafiyah ataupun dari sisi nafsiyah. Para mustrifin bisa menaykan ibadah-badah nafilahnya, seperti shalat malam, shaum sunnah, baca qur’an, baca buku Islami, aktivitas kontak dakwah yg dilakukan, termasuk memecahkan problem individu mad’u dan memberikan solusinya.

2. Adakan kegiatan jama’ie yg melibatkan seluruh anggota mentoring.Buatlah kepanitiaan kecil,ada ketua,sekretaris, bendahara,dsb, hal ini bisa menambah semangat ruh jamaie, juga bisa saling curah pendapat untuk kemajuan dakwah. Bisa dibilang agenda kegiatan yg bersifat jamaie ini cukup efektif untuk mendinamiskan kemtoring.

Semoga  tulisan sederhana ini bisa menambah inspirasi ;-)

Abu Syahmi, 02/02/2012

Tidak ada komentar: