Mengamati, Melihat, memahami, Dan Menuliskannya

Senin, 04 Maret 2013

Mengenali ‘ Galau ‘





Akhir-akhir ini kosa kata “ galau “ menjadi tren anak muda masa kini, khususnya di jejaring sosial media.  Saya mencoba untuk searching lewat googel untuk sedikit mendalami kosa kata ini. Banyak tanggapan yang muncul terhadap kosa kata “ galau “ ini, ada yang pro ada juga yang mengkritisi penggunaan istilah ini. Banyak juga definisi terkait kosa kata ini.
Bagi orang yang mengetahui banyak tentang ilmu bahasa mungkin akan sedikit mengkritisi penggunaan istilah “ Galau “ ini ( coba lihat bahasa.kompasiana.com/2013/01/17/mangapa-galau-berbahaya-520443.html  ).

Dalam beberapa obrolan dengan sahabat-sahabat saya yang masih muda, dalam berbagai kesempatan saya sendiri  kadang beberapa kali mengucap kata “ Galau “ ini . Kata “ galau ini biasanya saya gunakan ketika membahas tentang masalah yang berkaitan dengan cinta, karena Saya melihat Fakta “ Galau “ lebih mendekati berkaitan dengan soal masalah cinta, dan memang demikian faktanya.  Saya kutipkan dari sebuah tulisan di salah satu website tentang  kalimat yang menunjukkan fakta “ galau “, pembaca bisa buka di web  http://informasikan.com/kata-kata-galau-terbaru/ , kalimat-kalimat galau itu meliputi :
Ø  Udah gak ada yang perhatian lagi (́_̀)
Ø  Katanya kita temen?? Tapi kok lo gak setia kawan banget yah -_- kalo ada mau nya baik tapi kalo lagi gk butuh beh nusuk temen lo!
Ø  Bisa nya main belakang doang sih! Langsung aja napa -_-
Ø  Sepi banget yah hidup aku tanpa kamu di samping ku (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)
Ø  Salah aku ke kamu tuh apa ? Sampe kamu diemin aku gini (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ)
Ø  Gini nie kalo lagi bete , pasti bawaanya marah terus
Ø  Sebener nya gua gak mau musuhan sama lo! Tapi lo duluan yang mulai,gua sih santai aja jalanin nya !!!!! :>
Ø  Giliran lo udah ketauan busuk nya langsung deh lo pura-pura baik biar orang percaya sama lo dan masalah nya selesai -_-
Ø  Kamu tuh berarti banget buat aku ;(
Ø  Mungkin kamu kira aku udah gak sayang sama kamu! Tapi sebener nya aku masih sayang dan masih berharap sama kamu. (́_̀)
Ø  Inget waktu pacaran (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) nangis lagi dah :’(
Ø  Cemburu ngeliat kamu deket orang lain!!?!!:’( aaahh :’( (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ)
Ø  Gua kurang apa? :’( gua gak setia knapa? Gua udah ngelakuin semua yang gua bisa buat lo doang! Lo gak pernh mikirin perasaan gua :’(
Ø  Aku gak mau mauksain perasaan kamu ke aku! Kalo kamu udah bener-bener gak sayang yasudah (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) ;’(
Ø  Gak setia gmna sih?! Lo kali yang gk setia! Kalo merasa paling bener ya udah lah!! Emng gua yang slalu salah! MAKASIH lah
Ø  keras kepala banget lo! (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) gua udah minta maaf ;’(
Ø  Percuma gue balikan tapi ujung”nya gue gak sayang lo!
Ø  Gua masih sayang ama lo bego!!!! :’( (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ)
Ø  aku pacar yang paling baik,setia,penyayang itu tuh cuman kamu.
Ø  Gua mau pacaran sama lo karna gua kira lo tuh setia dan beneran tulus sayang ke gua :’( tapi lo malah mainin gua :’(
Ø  Berarti percuman selama ini kita selalu bareng” :’( kalo akhirnya harus kayak gini :’(
Ø  Lo ngapain minta balikan? Lo aje udah gak setia lagi sama gue!:(
Ø  Nyesel itu emang belakangan !!!! Giliran semuanya terjadi baru orang bisa nyesel (́_̀)
Ø  Gue diemin lo selamanya,dan gak usah telfon”in gue,sms”in gue GAK USAH!
Ø  Semoga loe gak sayang sama gue lagi yah
Ø  Ngomongnya gua yang gak setia! tapi lo juga ! Bisa” nya lo jadian sama cewek muna kayak gtu;’(
Ø   
Ø  Janji doang mau setia sama gua (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) ngmngnya gak bakal pernah nyakitin gua :’( tapi smuanya BOHONG :’( LO TEGA kayak gtu ke gua:’(
Ø  Lo udah gak inget sama semua janji kita (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) :’( janji lo tuh :’( gua mohon balik lagi kayak dulu :’( gua gk bisa lupa sm lo !
Ø  Inget dong semua yang udah kita jalani :’(
Ø  Setiap saat gua selalu inget sama lo! Gua selalu perhatian ke lo:’( biar lo bisa seneng gua mau ngapain aja :’( setiap saat gua slalu sm lo
Ø  Gue emang gak baik buat lo (ʃ˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ) maaf selama ini cuman bisa ngerepotin lo! Bikin lo capek krna hrus nungguin gua :’(

Dalam berbagai kesempatan, saya sendiri sering mendapat curhatan  tentang hal-hal yang berkaitan dengan  “ galau” ini, misalnya pernah ada yang curhat ; “ mas, saya lagi suka dengan seseorang, gimana ya ?”. atau “ mas, gimana ini, hati saya hancur, karena orang yang tak ajak jadi pacarku menolak cintaku ..”
Efek galau ini tampaknya juga seharusnya mendapat perhatian serius. Pernah saya ketika kuliah dulu mendapat kesempatan praktik di Rumah Sakit Jiwa Magelang selama 6 minggu  dalam praktik lapangan mata kuliah keperawatan Jiwa. Terdapat salah satu pasien jiwa di RSJ Magelang menjadi “ Gila “ semenjak diputus pacarnya. 

Dilain kesempatan saya jumpai dalam sebuah berita seorang anak Sekolah Dasar kelas 4 SD berumur 10 tahun nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan memanjat tower Telkomsel setinggi 100 meter. Demikian dikutip dari Bengkulu Ekspress. Apa penyebab bocah ini nekat melakukan bunuh diri ? Penyebab bocah yang duduk di bangku kelas 4 salah satu murid SDN Kepahiang, Bengkulu ini melakukan aksi nekat diduga karena “ Galau “ ada masalah dengan dengan sang pujaan hati yang merupakan teman bermainnya yang umurnya juga masih umur 10 tahun.

Dan yang membuat saya miris adalah banyak anak-anak muda sekarang yang menyalurkan rasa “ Galau “ ini dengan aktivitas yang kontraproduktif yang selain merusak masa depan mereka juga dilarang dalam Agama. Tingginya angka pergaulan bebas yang berimplikasi pada kehamilan tak diinginkan ( KTD ) adalah contoh jalan ilegal menyalurkan rasa “ galau “ dengan cara yang salah.
Bagaimana jika seandainya jika pembaca ditanya tentang masalah yang berhubungan dengan galau ini ? tentu semua punya jawaban masing-masing, dikesempatan ini  saya ingin berbagi dengan sahabat pembaca semua  jika masalah galau ini ditanyakan ke saya. Dan penjelasan ini pula yang saya sampaikan jika ada teman yang curhat tentang ke galauanya.

Fitrah mencinta dan dicintai
Dalam salah satu buku berjudul At-Tafkir ( metode Berpikir )  yang ditulis pleh seorang pemikir timur tengah yang bernama Taqiyuddin An-nabhani, beliau menyatakan bahwa Allah SWT menciptakan manusia beserta potensinya, diantara potensi itu adalah potensi kebutuhan jasmani dan potensi kebutuhan naluri. Dua potensi tersebut mempunyai kharakteristik yang berbeda.

Potensi kebutuhan jasmani karakteristiknya adalah harus dipenuhi,karena jika tidak dipenuhi dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan kerusakan tubuh yang dapat menyebabkan kematian, contohnya kebutuhan makan,minum, kebutuhan buang air besar/ kecil, kebutuhan istirahat, kebutuhan akan oksigen dll. Karakteristiak yang ke dua dari kebutuhan jasmani adalah bahwa kebutuhan jasmani ini rangsanganya dari internal tubuh.
Untuk potensi yang ke dua yakni potensi kebutuhan naluriah mempunyai karakteristik, tidak harus dipenuhi, karena jika tidak terpenuhi tidak akan menyebabkan kematian, hanya akan menyebabkan rasa gelisah. Karakteristiak yang ke dua dari kebutuhan naluriah adalah sumber rangsangnya adalah dari eksternal.  Contoh dari wujud dari potensi kebutuhan naluriah ini misalnya rasa suka seorang  laki-laki dengan perempuan atau sebaliknya perempuan tertarik dengan laki-laki, dan “ galau “ adalah salah satu wujud dari termasuk potensi naluriah ini.

Contoh mudah untuk membedakan potensi kebutuhan jasmani dan potensi kebutuhan naluriah, jika ada orang patah hati, kemudian tidak mau makan selama 3 minggu kemudian orang tersebut meninggal dunia, pertanyanya orang tadi meninggal dunia karena patah hati atau karena gak makan selama 3 minggu ? tentu bukan karena patah hatinya ia meninggal dunia, namun karena kondisi ia tidak makan selama 3 minggu  bisa  menyebabkan asupan nutrisi berkurang yang kemudian menjadi kondisi hal kematian.
Lalu bagaimana mengatasi rasa Galau ini ?
Jika kita sudah mengenali karakteristik dari potensi naluriah yang menjadi timbulnya rasa galau ini, yakni rangsanganya dari luar ( eksternal ) dan hanya menimbulkan kegelisahan, maka cara mudah yang bisa dilakukan adalah mengurangi dan membatasi rangsangan eksternal pemicu “ galau “ dengan aktivitas-aktivitas yang dapat mengabaikan dan melupakan galau. Atau dalam bahasa yang lebih mudah,  bagi kamu-kamu  yang masih duduk dibangku sekolah  jangan banyak nganggur dan ngelamun, hindarilah musik-masik mellow, aktivlah dalam kegiatan ekstrakurikuler  atau aktiv diberbagai organisasi yang ada, aktivlah di OSIS, Pramuka, Rohis,atau ekstrakurikuler yang lainya  termasuk aktif di kreatifa ;-) , belajarlah yang rajin, jangan lupa ibadah diperkuat, berpuasa juga, sembari memantaskan diri untuk menjadi calon  ayah dan Ibu yang membangaggakan anaknya kelak. Jika masih galau ? abaikan saja, insya Allah tidak akan mati kok ;-)


Wonosobo, 25/02/2013
Penulis : pristian Surono Putro, Alumni SMANLI lulusan tahun 2006, jurusan IPA, bagi sahabat kreatifa yang ingin berbagi info bisa hubungi no Hp 085292941063, atau bisa add di FB https://www.facebook.com/pristian.putro

Tidak ada komentar: